Launching Kampung Budaya Piji Wetan Sukses Digelar

KUDUS, PARIST.ID – Para pegiat budaya yang tergabung dalam komunitas kreatif berbasis kebudayaan Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW), dukuh Piji Wetan, Lau Dawe Kudus sukses menggelar launching KBPW. Secara simbolis dengan menabuh drum, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus meresmikan KBPW  di Panggung Ngepringan, pada Minggu (15/11).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kudus, Bergas C Penanggungan, memberikan apresiasi atas launching-nya KBPW. Bergas mengaku senang melihat anak muda dan ibu-ibu yang kreatif dalam meningkatkan aktivitas dan kapasitasnya. “Semoga bisa berkelanjutan, melestarikan nilai-nilai yang diajarkan Sunan Muria sebagai perilaku kebajikan," ucapnya.

Meskipun begitu, Bergas menekankan dalam acara lauching ini pengunjung diharapkan tetap menaati protokol kesehatan. “Yang perlu dipahami, covid masih ada, tetapi tidak perlu ditakuti,” tandasnya.

Selanjutnya, Bergas berpesan kepada masyarakat KBPW untuk menjadi masyarakat yang pancasilais dengan menambah nilai perbaikan bagi masyarakat. “Jadikan ini sebagai nilai-nilai kepancasilaan, menjadi semangat dan perilaku masyarakat“, pesannya.

Sementara itu, inisiator KBPW Muhammad Zaini, dalam sambutanya mengatakan, adanya KBPW berawal dari keinginan melestarikan ajaran Sunan Muria yang mulai ditinggalkan. Menurutnya ajaran seperti pagar mangkuk dan tapangeli perlu dilestarikan sehingga masyarakat bisa belajar kebudayaan di sekitar. “Belajar guyub rukun bersama, karena komitmen terhadap kebudayaan adalah bagaimana selalu melestarikan kebudayaan itu,” kata Zaini.

Zaini mengaku, antusiasme masyarakat untuk menyaksikan lauching KBPW ini begitu luar biasa. “Ini di luar ekspektasi kami. Terimakasih kepada semua pihak dan para pengujung yang hadir,” tuturnya. 

Salah satu pengunjung asal Demak, Intan Permatasari, mengaku senang bisa mengikuti acara KBPW. Menurutnya acara KBPW ini bisa menjadi inspirasi untuk desa lain agar bisa menggali potensi masing-masing.

“Acaranya menginspirasi dan menarik sekali, semoga bisa konsisten digelar acara semacam ini,” ujarnya. (hasy)