Budyawan Pati Diagendakan Bedah Buku di STAIN Kudus



Foto Bersama : Panitia Haflah Ilmiah bersama Pengasuh Suluk Maleman, Anis Sholeh Ba'asyin. Dari kiri Ahmad Afandi, Anis Sholeh Ba'asyin, M. Nur Salim, Yaumis Salam.
KUDUS, PARIST.ID - Budayawan asal PatiAnis Sholeh Ba’asyin, dijadwalkan hadir dan membedah buku dalam kegiatan Haflah Ilmiah Jilid 3 di Gedung Olahraga STAIN Kudus pada Kamis (02/03/17) mendatang. Habib Anis akan membedah buku Mitologi Ritual-Budaya Kaki Muria yang diterbitkan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Paradigma STAIN Kudus. 

Ketua panitia penyelenggara, Muhammad Nur Salim (21) menyampaikan kehadiran Pengasuh Suluk Maleman Pati itu bisa dipastikan. Pasalnya panitia telah dua kali datang kerumah Habib Anis dan beliau meng-iyakan. “Kepastian itu didapatkan saat sowan kerumah Habib Anis,” terangnya. 

Salim menambahkan bahwa Habib Anis juga ikut menulis di buku yang nantinya akan dibedah itu. Buku Mitologi Ritual-Budaya kaki Muria itu merupakan kumpulan reportase dan esai budaya yang membahas pelbagai hal seputar mitos, tradisi dan budaya di semenanjung Muria. Menurutnya hal itu perlu ditulis untuk mendokumentasikan salah satu kekayaan bangsa Indonesia.

“Buku Mitologi Ritual-Budaya Kaki Muria memuat makna, nilai dan filosofi mendalam tentang keseharian masyarakat semenanjung Muria. Yaitu meliputi Kudus, Pati, Jepara dan Demak,” tuturnya.

Kegiatan bedah buku itu juga mengundang Bupati Kudus, H. Musthofa dan Sejarawan, Edy Supratno. Pimpinan Umum LPM Paradigma, Ade Achmad Ismail mengatakan pihaknya telah mengirimkan permohonan menjadi narasumber kepada keduanya.

“Pak Edi dan Bupati Kudus sudah kami undang dan keduanya juga mendukung,” katanya.
Bedah buku itu, lanjut Ismail, akan diselenggarakan sebagaimana talkshow di televisi. Dengan obrolan yang santai tapi bermakna. Lewat pers realisnya ia mengundang siapapun, khususnya masyarakat Kudus, untuk menghadiri kegiatan itu. (Far)