Melatih Jiwa Sosial Siswa



 
Lomba Balap Karung : Anak-anak bersemangat mengikuti lomba disaksikan warga setempat.
KUDUS- Parist.ID - Jiwa sosial merupakan salah satu elemen terpenting dalam menetapi kehidupan. Melatih hal itu OSIS MA NU Miftahul Falah mengadakan bakti sosial dan pengajian safari di Dukuh Pranak Lau Dawe Jum’at (24/02). Menggandeng warga desa setempat dan OSIS MTs Miftahul Huda 03 kegiatan itu berlangsung satu hari penuh. 

Wakil Kepala MTs. NU Miftahul Huda bagian kesiswaan, Masruri mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut bisa melatih kreatifitas dan kemandirian siswa. “ Terima kasih kepada MA NU Miftahul Falah, dengan ini siswa dan siswi bisa belajar bersosial dan membaur dengan masyarakat,” tuturnya.

Tsania Laila Maghfiroh dalam releasenya menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Dari desa ke desa OSIS MA NU Miftahul Falah mengunjungi tempat yang berbeda-beda pula setiap tahunnya.  

Dalam kegiatan tersebut guru dan siswa mengajak masyarakat setempat untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan. Dilanjutkan dengan shodaqoh berupa beras  kepada warga dan mengadakan berbagai lomba dolanan anak untuk anak-anak MTs dan sekitarnya

“Kegiatan ini bertujuan untuk merangkul masyarakat dan mengajaknya untuk bergotong royong membersihkan desa. Setelah itu dilanjutkan pembagian sembako kepada masyarakat,” tulisnya.

Ia juga berharap supaya kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Sementara itu, Nia Silfiani, Ketua OSIS MTs. NU Miftahul Huda 03, mengungkapkan kegembiraannya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia pun menjadi semakin optimis meski tinggal di desa.

 Lingkungan madrasah menjadi bersih dan saya merasa senang meskipun bertempat di daerah terpencil,katanya.

Puncak kegiatan ini yaitu pengajian safari yang telah dimeriahkan oleh grup rebana El-Miffa beserta H. Asfal Maula (Gus Apang). Sedangkan mauidhoh khasanah disampaikan oleh K. H. Ahmad Arwan. (Tsa/Far)