Hari Bumi Palwa 51 Ajak Mahasiswa Bersihkan Kampus

Kampus-PARIST.ID, Memperingati Hari Bumi 22 April, Mahasiswa Pecinta Alam stain Kudus (Palwa 51) gencarkan aksi bersih kampus, pada Jumat (21/04). Ketua Divisi Lingkungan Hidup (LH) Palwa 51, Zidni Ilma Dina mengatakan kegiatan bersih kampus itu meliputi pembersihan selokan kampus barat dan timur. Itu dilakukan untuk menjaga aliran air dan sanitasi kampus lancar dan bersih.

“Bersih bersih selokan kampus ini bertujuan untuk menjaga aliran air di dalam kampus agar cepat mengalir,” tandas Teri, sapaan akrab Ilma Dina.

Selain itu, anggota Palwa 51 juga memasang slogan kebersihan di kamar mandi yang berisi nasehat pentingnya menjaga lingkungan. Menurutnya mahasiswa umumnya kurang perhatian pada kebijaksanaan menggunakan air, membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan. 

“Kesadaran Mahasiswa membuang sampah yang masih sangat minim, serta sering ditemukan kran yang menutup kurang sempurna,” kata Ilma. 
 
DOC. PALWA 51
 
Sementara itu, Ketua Umum Palwa 51, Muhammad Abdul Muhyi, melalui pesan singkat menjelaskan bahwa acara tersebut juga didukung oleh Office Boy (OB) STAIN Kudus. Pelaksanaan kegiatannya juga secara bersama dibantu oleh OB. 

“Bahkan ada OB yang tugas di kampus barat ikut membantu meramaikan kegiatan ini,” jawabnya. 

Abdul Muhyi juga berharap supaya kesadaran itu bukan hanya dimiliki OB, tapi semua mahasiswa supaya lebih menjaga kebersihan lingkungan utamanya kampus. Harapan itu juga diamini Herlina Damayanti (19), Wakil Ketua Umum Palwa 51. Herlina menambahkan juga semua anggota yang ikut dalam kegiatan ini tidak boleh merokok selama satu hari. Bagi pelanggarnya juga dikenakan denda sebesar Rp. 10.000 per batang.
 
"Bagi Herlina hari bumi adalah hari yang sangat bersejarah bagi bumi, jadi biarkanlah bumi bebas benafas dalam sehari ini," cetusnya.

Meski tidak banyak diikuti oleh mayoritas mahasiswa STAIN Kudus, kegiatan itu terlaksana atas kerjasama dan partisipasi dari UKK Menwa, UKM "SMS" Musik dan UKM Teater Satoesh. Di akhir kegiatan ditutup dengan akustikan bareng. 

(Mael/Far)