HMJ Tarbiyah Promosikan Kampus Lewat Kompitisi Pelajar


KAMPUS, PARIST.ID Sebagaimana dalam jadwal Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah STAIN Kudus mengundang pelajar untuk mengikuti Festival Tarbiyah pada Rabu (3/4/17). Tahun ini tidak hanya untuk mahasiswa, melainkan juga pelajar se-Pantura Timur. Para pelajar itu saling berkompetisi dalam berbagai jenis lomba.
Setyoningsih (Paling kanan)sekretaris ketua jurusan tarbiyah sedang berfoto bersama pelajar yang menang dalam lomba festival tarbiyah se-pantura timur. FOTO : FALIS/PARAGRAPHFOTO
Festival Tarbiyah tahun ini menjadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, panitia memberikan kesempatan para pelajar se-Pantura Timur untuk menunjukkan kemampuannya dalam bidang ilmiah. Adapun lomba-lombanya yaitu lomba mata pelajaran (mapel) Ekonomi, matematika, biologi. Selain itu, ada juga lomba pidato Bahasa Inggris dan Karya Tulis Ilmiah.


Muhammad Taufiq Aziz, selaku Ketua HMJ Tarbiyah, menjelaskan terkait alasannya mengadakan kompetisi untuk pelajar se-Pantura Timur, pertama untuk menggali bakat pelajar yang masih terpendam. Kedua, sebagai sarana promosi dan sosialisasi Kampus STAIN Kudus dalam menjaring mahasiswa baru, khususnya yang ingin masuk di Jurusan Tarbiyah. “Ini kesempatan baik untuk promosi kampus,” katanya.


Senada dengan Taufiq, Setyoningsih, Sekretaris Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus memaparkan, Festival Tarbiyah tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Jika dahulu hanya tingkat mahasiswa tahun ini pelajar dilibatkan untuk menambah semarak festival.


“Ini menjadi semacam promosi mahasiswa dari Tarbiyah. Maksudnya jika nantinya menjadi pendidik, lulusan STAIN Kudus harus mampu menjadi inspirator dan memberikan solusi untuk pelajar,” tuturnya.


Setyoningsih sangat mengapresiasi kinerna pengurus HMJ Tarbiyah. Sebab, selama ini STAIN Kudus jarang sekali mengadakan even pelajar sebesar ini. Lebih-lebih peserta tidak dipungut biaya apapun dan itu sangat memudahkan peserta.


Namun, pihaknya juga memberikan pesan kepada panitia untuk tetap mengevaluasi festival tersebut. Karena hal itu sangat penting untuk dilakukan, mengingat kemungkinan besar tahun depan akan mengadakan serupa yang pastinya lebih menantang lagi. “ Saya ucapkan selamat untuk pemenang dan semoga HMJ Tarbiah selalu memberikan yang terbaik untuk kampus kita,” harapnya. (FAL/FAR)