IPPBMM 2018, Dirjen Pendis : Mahasiswa Harus Miliki Tiga Hal


PARIST.ID, PURWOKERTO - Menghadapi revolusi industri generasi keempat, mahasiswa harus memiliko tiga poin utama berupa karakter, kompetensi dan literasi. Hal itu disampaikan Direktur Jendral Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, dalam pembukaan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat Minat Mahasiswa (IPPBMM) ke VII 2018 di IAIN Purwokerto, Selasa (24/04/18).

"Yang pertama, mahasiswa harus memiliki karakter untuk bisa bersaing," tuturnya.

Menurut Kamaruddin, ada dua karakter yang harus dimiliki mahasiswa, yaitu karakter moral dan karakter kinerja. Karakter moral memuat sifat-sifat baik untuk menunjang prestasi seperti kejujuran dan tanggung jawab. Sedangkan karakter kinerja memuat sikap (perilaku) seperti, ketekunan dan kreatif.

"Yang kedua, mahasiswa harus punya kompetensi," imbuh profesor asal Makasar itu.

Alumni Universitas Bonn Jerman itu menjelaskan kompetensi merujuk pada keahlian yang terus menerus ditempa untuk meningkatkan kualitas diri. Mahasiswa generasi keempat hendaknya mulai melatih kompetensinya dengan instrumen dan ukuran yang pas.

"Itu disesuaikan dengan kemampuan serta target yang ingin dicapainya," jelasnya.

Yang ketiga, kata Kamaruddin, mahasiswa harus memiliki kemampuan literasi, baik sosial maupun digital. Literasi sosial penting dimiliki untuk membangun jaringan dan literasi digital berguna untuk menambah wawasan secara global.
"Ketiga hal itu harus dimiliki agar kita mampu memenangi persaingan global," katanya.

Kamarudin didaulat membuka acara dengan pemukulan gong yang disambut riuh tepuk tangan peserta yang hadir. (rid)