Iklan

Praktis, IAIN Kudus Hadirkan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu

parist  id
Kamis, Februari 11, 2021 | 23:49 WIB

KONDUSIF: Satu mahasiswa sedang melakukan konsultasi ke petugas PTSP sementara beberapa mahasiswa tampak duduk menunggu antrean (Foto: Vivi/Paragraph)


Kampus, Parist.id – Guna memudahkan dan mempercepat pelayanan mahasiswa, IAIN Kudus menghadirkan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Meninggalkan sistem pelayanan konvensional yang berbelit dan rentan maladministrasi, PTSP dirancang untuk mewujudkan pelayanan cepat, mudah, transparan, terukur dan akuntabel.

Kasubag Kemahasiswaan, Susanto mengatakan, dengan PTSP semua sistem pelayanan mahasiswa baik di bidang akademik, kemahasiswaan, maupun kepegawaian akan menjadi satu pintu. Ia mengklaim sistem ini akan lebih efektif dibandingkan sistem yang dulu.

"PTSP IAIN Kudus mempunyai konsep yang sama dengan PTSP daerah yang memberikan kemudahan kepada konsumen yang mana guna mengetahui informasi sesuai kebutuhan," ujar Sutanto saat ditemui Parist.id pada Kamis (11/02).

Dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 1256 Tahun 2020, menjadi dasar sistem ini mulai beroperasi. Terhitung sudah berjalan satu bulan sejak awal tahun 2021 dari pukul 07.30-16.00 WIB, secara bergantian. Sutanto menjelaskan gagasan ini muncul karena minimnya ruangan pelayanan untuk mahasiswa.

"Karena ruangan kita (kemahasiswaan/red) kecil, banyak mahasiswa yang menunggu pelayanan, jadi digagaskan sistem pelayanan terpadu ini," ungkapnya.

Selain datang langsung ke gedung Rektorat lantai satu, mahasiswa juga dapat mengakses pelayanan PTSP lewat sikadu. Kasubag Akademik, Agus Wahyudi menjelaskan mahasiswa dapat menggunakan laman maupun aplikasi Sistem Manajemen Universitas Terintegrasi (SMURT) yang secara otomatis akan tersampaikan kepada petugas PTSP.

"Sekarang mahasiswa tidak perlu lagi memasuki ruangan-ruangan petugas untuk mencari informasi yang dibutuhkan seperti dulu lagi," jelasnya.

Salah satu pengguna PTSP, Ferdiansyah, mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam semester empat mengatakan, dengan adanya PTSP, pelayanan untuk mahasiswa menjadi lebih mudah dan praktis daripada dulu.

"Tinggal masuk, duduk, keperluan, tunggu, selesai," ujarnya. 

 

Reporter : Minan, Vivi

Editor : Hasyim


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Praktis, IAIN Kudus Hadirkan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Trending Now

Iklan