Best Viral Premium Blogger Templates

Perencanaan Kolaborasi Program Kerja Tim KKN-IK Bulung Kulon 01 Bersama Ketua PKK Desa Bulung Kulon

parist  id
Rabu, September 15, 2021 | 22:21 WIB

Foto: dok. Tim KKN-IK Bulung  Kulon 01 

KUDUS,
parist.id - Tim KKN-IK IAIN Kudus 2021 Desa Bulung Kulon 01 mengadakan perencanaan kolaborasi program kerja bersama ketua PKK Desa Bulung Kulon. Perencanaan kolaborasi program kerja bertujuan untuk menyerasikan dan memadukan beberapa rangkaian program kerja yang telah dibuat. Proses perencanaan kolaborasi program kerja bersama ketua PKK Desa Bulung Kulon yaitu Tim KKN-IK Desa Bulung Kulon 01 bersilaturahmi atau berkunjung ke rumah ketua PKK Desa Bulung Kulon.

Adanya kolaborasi program kerja TIM KKN-IK Desa Bulung Kulon 01 dengan PKK Desa Bulungkulon mampu memberikan pengembangan terhadap lembaga PKK agar bisa semakin maju dalam mensejahterakan masyarakat. Dalam perencanaan kolaborasi program kerja tersebut, Tim KKN-IK Desa Bulung Kulon 01 mendapat sambutan yang baik dari ketua PKK Desa Bulung Kulon.

“Saya selaku ketua PKK Desa Bulung Kulon sangat berterima kasih karena telah mengajak kami berkolaborasi sehingga untuk kedepannya kami berharap dengan adanya program kerja yang akan dilaksanakan mampu meningkatkan potensi-potensi masyarakat khususnya di lembaga PKK,” ujarnya.

Perencanaan kolaborasi program kerja bersama ketua PKK Desa Bulung Kulon meliputi, apa saja program kerja yang akan dilaksanakan, siapa saja yang akan diikutsertakan dalam program kerja tersebut, kapan program kerja tersebut akan dilaksanakan, dimana program kerja tersebut dilaksanakan, mengapa program kerja tersebut harus dilaksanakan, dan bagaimana proses program kerja tersebut. Dari perencanaan tersebut, ketua PKK Desa Bulung Kulon memberikan arahan kepada Tim KKN-IK Desa Bulung Kulon 01.

“Kegiatan PKK Desa Bulung Kulon diadakan setiap satu bulan sekali. Oleh karena itu, Tim KKN-IK Desa Bulungkulon 01 ketika hendak mengadakan program kerja bersama lembaga PKK harus membuat jadwal lagi yang sekiranya anggota PKK sedang libur bekerja, karena mayoritas anggota PKK merupakan ibu-ibu yang memiliki pekerjaan seperti buruh pabrik, ada yang mengajar, di kantor dan lain-lain. Sehingga program kerja yang akan dilaksanakan terencana dengan baik,” ungkapnya.

Program kerja yang akan dilaksanakan yaitu seperti sosialisasi atau seminar mengenai moderasi nilai-nilai beragama dan penguatan literasi agama serta praktik pembuatan ecoprint. Moderasi nilai-nilai beragama adalah perspektif dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama agar dalam pelaksanaan nya mengambil jalan tengah  dalam arti tidak berlebih-lebihan atau ekstrem.

Moderasi beragama juga merupakan sikap toleransi dan rukun untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi yang dimoderasi di sini adalah cara beragama, bukan agama itu sendiri. Sedangkan penguatan literasi agama adalah sebagai alternatif pendidikan seseorang supaya memiliki akhlak, moral dan budi pekerti yang baik untuk bisa mengkritisi sumber ilmu terkait keagamaan atau nilai-nilai yang didapat dalam bentuk teks lisan, visual maupun digital.

Teknik pembuatan ecoprint ini merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang menghasilkan pigmen warna.

Ketua PKK Desa Bulung Kulon memberikan dukungan penuh dan banyak arahan terkait program kerja yang akan dilakukan oleh Tim KKN-IK Desa Bulungkulon 01. Menurut beliau, jika kolaborasi program kerja ini berjalan lancar akan sangat membantu meningkatkan mindset masyarakat terkait moderasi nilai-nilai beragama dan penguatan literasi agama agar masyrakat lebih meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama. Dan juga adanya praktik pembuatan ecoprint mampu mengembangkan  potensi-potensi ekonomi bagi masyarakat Desa Bulung Kulon. (KKN-IK/Ani Fatur Rosida)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perencanaan Kolaborasi Program Kerja Tim KKN-IK Bulung Kulon 01 Bersama Ketua PKK Desa Bulung Kulon

Trending Now