Best Viral Premium Blogger Templates

Peduli Sehat, KSR-PMI dan GENBI IAIN Kudus Selenggarakan Donor Darah

parist  id
Rabu, Maret 23, 2022 | 11:28 WIB

Calon pendonor mengisi formulir kelengkapan data diri (Foto : Ali/Paradigma)

PARIST.ID, Kampus – KSR PMI (Korps Sukarela Palang Merah Indonesia) mengadakan kerjasama perdana dengan GENBI (Generasi Bank Indonesia) IAIN Kudus dalam menyelenggarakan Donor Darah. Mengusung tema “Peduli, Berbagi dan Hidup Sehat dengan Donor Darah”, agenda ini berlangsung di Gedung Perpustakaan lantai 1 IAIN Kudus, Selasa (22/04/2022).

Ketua Acara, Reni Reviyanti mengatakan kegiatan donor darah ini memiliki target 150 kantong darah. Sementara calon pendonor yang mendaftar sebanyak 181 orang. Adapun yang sesuai dengan kriteria dan persyaratan berjumlah 112 orang. Kemudian kantong darah tersebut akan diserahkan ke Unit Donor Darah (UUD) Kudus agar dialokasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Ada 69 calon pendonor yang tidak masuk kriteria, karena hemoglobinnya rendah. Kantong darah ini mau diserahkan ke Unit Donor Darah (UDD) Kudus.

Kegiatan donor darah yang berlangsung di Gedung Perpustakaan lantai 1. (Foto : Misbah/Paradigma)

Adapun kriteria persyaratan umum yang harus diikuti oleh calon pendonor adalah memiliki badan yang sehat, tensi darah normal sekitar 110, memiliki hemoglobin minimal 13, berat badan minimal 45 kg, tidak sedang haid, dan tidak sedang mengkonsumsi obat selama 3 hari terakhir.

Reni menambahkan, ada banyak manfaat dari kegiatan donor darah, terutama bagi para pendonor. Setelah darah di tes laboratorium, pendonor akan mengetahui kondisi fisik dan keluhan yang ada ditubuhnya melalui SMS pada nomor yang telah didaftarkan saat mendaftar.

“Nantinya kita akan tahu tentang kesehatan kita, karena setelah donor darah akan diberitahukan hasil tes laboratorium darah yang dikirim melalui nomer handphone,” ujarnya.

Salah satu pendonor sekaligus panitia dari Genbi, Fiqron mengungkapkan bahwa ia baru pertama kali melakukan donor darah ini. Meskipun awalnya merasa takut, tapi ia senang dapat membantu sesama.

“Awalnya takut, tapi karena saya suka tantangan dan hal baru, jadi saya lawan rasa takut itu. Saya merasa senang karena darah saya nantinya akan bermanfaat bagi orang lain,” ungkapnya.

Reporter : Ali, Misbah, Hawa
Editor : Mirna



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli Sehat, KSR-PMI dan GENBI IAIN Kudus Selenggarakan Donor Darah

Trending Now