Festival Tarbiyah Undang Pelajar se-Pantura Timur



Festival Tarbiyah direncanakan bakal berlangsung lebih meriah dari tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah STAIN Kudus mengundang pelajar se-pantura timur (Kudus, Pati, Demak, Jepara, Grobogan dan Rembang). Kegiatan festival itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2017.

PICTURE FROM HMJ TARBIYAH
“Kemarin kita sudah sebar undangan dan pamflet kepada pelajar se-pantura timur untuk mengikuti acara kami,” kata M. Taufik Nur Aziz, Ketua HMJ Tarbiyah, pada Kamis, (13/04/17) di STAIN Kudus.
Taufik menambahkan dalam acara festival tarbiyah itu nantinya dibuka dengan sholawat bersama para habaib se-Kabupaten Kudus. Setelah itu baru diadakan perlombaan, baik antar mahasiswa maupun pelajar. Mengenai jenis lomba yang digelar diantaranya ; media pembelajaran, karya tulis ilmiah, futsal, pidato bahasa inggris, pidato bahasa arab serta lomba mapel biologi, ekonomi dan matematika.

“Pembukaan tetap sama seperti tahun kemarin, kita mengundang para habaib se-Kudus untuk memimpin Tarbiyah Bersholawat,” tuturnya.
Saat ditanya tujuan dan tema kegiatan Taufik menjawabnya sebagai ajang kompetisi dan peningkatan kreativitas pelaku pendidikan. Ia mencontohkan pada kreativitas mahasiswa sekarang yang kurang kreatif dalam kuliah dan penerapan media pembelajaran. Menurutnya mahasiswa belum bisa maksimal memanfaatkan teknologi dan benda lain disekitarnya. 

“Lomba itu kita buat untuk merangsang mahasiswa agar lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam perkuliahan, utamanya media pembelajaran,” katanya.
Oleh sebab itulah kegiatan yang digelar pada 2 – 5 Mei 2017 itu mengambil tema “Semangat Berkompetisi Meraih Prestasi”. Tema itu sengaja dibuat umum dengan harapan peserta lomba tidak terkesan dibatasi.
“Tema itu sengaja dibuat umum agar peserta leluasa dalam berkompetisi. Prestasi apapun bisa tercapai kalau ada semangat kompetisi,” 

Sampai saat ini ia mengaku persiapan panitia telah mencapai 70 % dari yang telah direncanakan. Panitia juga telah menyebar 140 undangan untuk sekolah di seluruh pantura timur. (Far)