Bupati Kudus Berharap Pameran Foto Digelar Setahun Sekali



Kudus, Parist.idBupati Kudus, Musthofa Wardoyo, berpesan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus agar pameran foto jurnalistik diagendakan setahun sekali. Hal tersebut diungkapkannya dalam pembukaan pertama pameran foto jurnalistik di Kudus Extension Mall lantai 2, Jumat,  (29/9/2017). Pameran foto jurnalistik PWI awalnya diagendakan 3 tahun sekali, yakni pada tahun 2014 dan sekarang tahun 2017. 

“Jika dilakukan 3 tahun sekali, rentang rekam jejaknya terlalu panjang,” ungkap Musthofa.

PHOTOBOTH : Bupati Kudus Musthofa Wardoyo ketika memberi sejumlah jawaban di photoboth yang disediakan panitia pameran foto. (Foto : Mael/PARAGRAPHFOTO)


Pameran foto tahun ini mengangkat tema “Membingkai Kudus dari balik lensa” memamerkan karya-karya para wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Kudus. Mustofa juga menyoroti tentang estetika fotografi yang dipamerkan. Menurutnya, sebuah foto harus mengandung sebuah amanat dan penjelasan suatu keadaan. 

“Foto harus memuat tentang unsur yang jelas meskipun itu negatif” imbuhnya.
Bupati juga menjelaskan bahwa bagaimanapun foto yang terekam adalah kabar. Baik buruknya estetika yang terkandung dalam sebuah foto juga sebagai kritikan.

Ketua PWI Kudus, Anas mengatakan acara ini digelar mulai dari 29 September - 1 Oktober 2017. Karya yang dipamerkan mulai dari geliat pasar tradisional sampai kisah-kisah sejarah Stasiun Kudus.

“Sebagian karya ada yang dihimpun dari Lomba yang digelar PWI kemarin,” uangkapnya.(mael/lim)