Kopma Expo , Ribuan Pengunjung Padati Pameran UMKM

Berkerumun: Para pengunjung dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum memadati salah satu stand peserta pameran produk UMKM
KAMPUS, PARIST.ID -  Ribuan pengunjung memadati pameran  Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam acara Koperasi Mahasiwa (Kopma) Expo.  Terdapat 37 stand UMKM yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) STAIN Kudus, Senin (13/11/2017).

Ali Sofyan, selaku Ketua Kopma STAIN Kudus, mengatakan, 37 stand tersebut terbagi atas beberapa kalangan pengusaha. Yaitu  sembilan belas stand berasal dari kalangan mahasiswa umum, delapan stand dari anggota Kopma sendiri, empat stand  dari  pengusaha luar kampus, dan enam stand dari pihak sponsor.

Terkait padatnya pengunjung di hari pertama, dia mengaku bahwa sebelumnya tidak pernah mengira kalu akan sepadat itu. Dalam  absensi peserta, panitia mencatat lebih dari 1100 pengunjung yang hadir. Rata-rata merupakan mahasiswa STAIN Kudus sendiri. Antusiasme mereka terlihat sejak pagi ketika stand- stand dibuka.

“Jujur saya sama sekali tidak menyangka, peserta segitu banyaknya. Selain itu, ternyata mereka sangat tertarik dengan produk-produk yang dipamerkan. Tak sedikit dari mereka yang membeli, bahkan memborong,” katanya.

Salah satu pengusaha, Tiar  Bachroni, mengatakan, dia sangat senang dan mengapresiasi even Expo Kopma. Sebab, bisa dikatakan jarang sekali ada even yang diadakan mahasiswa khusus untuk memberikan wadah bagi pengusaha untuk berjualan di lingkungan kampus.

Dalam pameran tersebut, mahasiswa UIN Walisongo Semarang itu menjajakan hasil karyanya sendiri berupa kerajinan tangan yang berbahan baku batok kelapa. Produk-produknya di antaranya adalah gantungan kunci, celengan, cangkir, mangkuk, dan kalung dari bathok kelapa.

Tiar mengaku, sebenarnya produk-produknya tersebut telah tersebar di berbagai kota, sepeti Klaten, Kulonprogo, dan Bantul. Dia mengikuti pameran tersebut dengan alasan memperluas pasar.

“Even ini sangat bagus. Salut untuk Kopma STAIN Kudus. Semoga even ini bukan pertama dan terakhir kalinya dilaksanakan. Serta, semoga bisa bermanfaat bagi pengusaha-pengusaha kecil selain saya,” harapnya.

(Arum/FMH)