Mahasiswa Gali Potensi Desa Lewat Jurnalistik


Jepara, Parist.ID - Puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di Jawa Tengah mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Paradigma STAIN Kudus. Bertajuk “Optimalisasi Jurnalistik Berbasis Data, Menakar Potensi Pancur,” pelatihan itu digelar di Desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara pada Jumat – Ahad (17-19/11/17).

(Mendengarkan : Peserta mendengarkan penuturan tentor dalam pembekalan liputan/paragraph)
Pimpinan Umum LPM Paradigma, Ade Achmad Ismail, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menakar dan menggali potensi desa untuk dikenalkan kepada publik. Peserta nantinya dibekali dengan pengetahuan jurnalistik secara mendalam sehingga bisa mengemasnya menjadi karya jurnalistik yang bermutu.


“Potensi Desa Pancur nantinya dikemas menjadi karya jurnalistik yang bermutu untuk kita kenalkan kepada publik secara luas melalui produk cetak Parist plus,” katanya.


Sementara itu, Kepala Desa Pancur, Miftahurroqib, mendukung kegiatan ini dan berterima kasih kepada LPM Paradigma. Ia mengaku senang sebab desanya dipilih sebagai lokasi pelatihan dan digali potensi yang nantinya bisa “dijual” kepada masyarakat daerah lainnya.


“Banyak potensi yang ada di Pancur, silahkan nanti kalian menggalinya dengan tetap menjaga etika dan norma. Ada wisata sendang, air terjun dan lainnya untuk kalian nikmati,” ujarnya.


Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa STAIN Kudus, Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu), Universitas Muria Kudus (UMK), Universitas Pekalongan (Unikal) dan beberapa anggota Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia Dewan Kota Muria. (Rohman/FAR)