Ria Ricis Berbagi Tips Jadi Youtuber Sukses

Yogyakarta, Parist.ID - Youtuber menjadi ladang kreatifitas yang menarik bagi generasi milenial. Diantara mereka bahkan juga bisa meraih untung melalui iklan Adsense Google. Salah satu Youtubers, Ria Ricis, berbagi pengalaman dan tipsnya meraih sukses sebagai Youtubers di Jogja City Mall, Senin (13/11/17).
(foto : Farid/Paragraph)
Menurutnya menekuni dunia visual perlu beberapa langkah mulai dari niat, pembuatan hingga jadi kemudian diunggah ke laman Youtube. Ricis mengaku kesuksesannya sebagai Youtubers tidak bisa lepas dari niat dan ketekunan yang sungguh-sungguh.

“Pertama tentu saja niat ya, tetapi bukan sembarang niat. Niat utama saya ingin berbagi pengalaman menarik dan video yang mengedukasi bagi generasi muda agar tetap menghargai satu sama lain dan tidak SARA,” ujar adik dari artis Okky Setiana Dewi itu.

Seorang youtubers hendaknya lebih berhati-hati dan memastikan videonya aman ditonton untuk masyarakat, utamanya generasi muda dan anak-anak. Kata Ricis itu penting agar Youtube tidak banyak tercemar dengan konten negatif. Jadi jangan sampai hanya karena trend atau mengejar rating kreatifitas kita jadi mati.

“Yang kedua harus memiliki karakter yang kuat disetiap video yang kita unggah. Jangan sampai ikut-ikutan terus akhirnya tidak berkualitas,” imbuhnya.

Bagi Ria Ricis mengunggah video ke laman Youtube juga memerlukan trik tersendiri. Biasanya ia mengunggah video-videonya di jam-jam khusus. Yaitu saat kiranya orang-orang penikmat Youtube sedang santai. Selain itu, yang tidak pernah ia lupakan sebelum mengunggah videonya yaitu membaca basmalah dan berdoa.

“Iya, yang utama tetap Bismillah terus berdoa semoga video yang saya unggah bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Kedatangan Ria Ricis ke Jogjakarta itu dalam rangka peluncuran bisnis barunya di dunia makanan. Dalam kesempatan itu juga diadakan lelang kue buatannya yang berbahan dasar keju. Sebagian uang hasil lelang kue itu nantinya akan disumbangkan kepada rakyat Rohingya, Myanmar. (Far)