Dilantik, Pengurus Baru HMJ Siap Bentuk HMPS

PARIST.ID, KAMPUS - Sebanyak 32 pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam (HMJ Syariah dan EI) periode 2018 resmi dilantik pagi tadi, Selasa (16/1/2017). Mereka dilantik langsung oleh Ketua Jurusan Syariah dan EI, Supriyadi di Aula Kantor Jurusan Lantai 3.

Pengurus baru HMJ Syariah dan Ekonomi Islam dilantik di gedung kantor jurusan lantai 3. FOTO : Arif/PARAGHRAPHFOTO
Muhammad Jamaluddin, selaku ketua terlantik mengatakan, sistem birokrasi mahasiswa di tingkat jurusan harus tetap terjaga dengan iklim yang baik. Tugas HMJ ialah menjadi fasilitator bagi Mahasiswa Syariah ketika mengalami kendala baik akademik maupun non akademik. Selain itu, dia juga akan berupaya untuk memajukan Jurusan Syariah dengan program-program kerja hingga akhir jabatannya.

Dalam pelantikan tersebut juga diadakan dialog interaktif dengan Ketua Jurusan Syariah dan EI. Dalam kesempatan itu, Jamal mengatakan, nantinya akan dibentuk Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dan Unit Kegiatan Jurusan (UKJ).

Rencananya, program kerja tersebut akan direalisasikan antara bulan Februari dan Maret. Kedepan, dengan adanya program tersebut, diharapkan mahasiswa Syariah dan EI mempunyai wadah untuk menuangkan gagasan dan bakat terpendam.

Julianto, ketua HMJ Syariah dan EI periode tahun lalu memberikan tugas kepada segenap pengurus tahun ini supaya mampu melanjutkan estafet kepemimpinannya dan periode-periode sebelumnya. Dia menuturkan, setiap kendala yang akan dihadapi pengurus harus mampu dibaca agar tidak terjadi kekagetan di tengah-tengah perjalanan.

"HMJ Syariah itu lain daripada yang lain, jaga sikap kalian terutama kedisiplinan, menjadi anggota HMJ itu bagaikan seorang artis, harus bisa jaga sikap, kesopanan, dan tutur kata.” Imbuhnya.

Sementara itu, apresiasi tinggi disampaikan oleh Yudhistira Pradipta, selaku  Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) 2018-2019 terpilih. Yudhis menjelaskan, sebagai bawahan, HMJ harus mampu menjadi partner DEMA dalam menjalankan roda birokrasi kampus. Ia mengaku, selama ini HMJ Syariah dan EI telah menjadi partner yang baik bagi DEMA, oleh karena itu ia berharap tahun ini akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

"HMJ syariah adalah partner yang bisa diandalkan, kepedapan juga harus lebih bagus lagi kinerjanya."

Senada dengan Yudhis, Supriyadi, selaku Ketua Jurusan Syariah dan EI juga mengapresiasi kinerja anak asuhnya karena selama ini mampu memberikan pengaruh baik bagi Jurusan. Ia berpesan kepada pengurus tahun ini untuk tetap menjaga i'tikad baik sebagai mahasiswa Syariah dan memberi contoh kepada seluruh mahasiswa Syariah dan EI.


"Saudara adalah mahasiswa terpilih, karena semua tidak bisa menjadi seperti anda. Kalian adalah penghubung antara mahasiswa dan jurusan, misalnya ada pelayanan di jurusan yang tidak baik harus disampaikan," tuturnya. (Arif/FMH)