Jomblo? Coba Pakai Kode Etik Merayu Cewek


pacar manis hanya seorang jurnalis

Sebagai manusia biasa tentunya  pernah merasakan jatuh cinta kepada lawan jenis. Merupakan takdir yang tak mungkin dapat kita pungkiri lagi untuk jatuh cinta. Setiap manusia ditakdirkan untuk saling mencintai dan dicintai, memiliki dan dimiliki. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-dzariyat ayat 49, bahwa segala sesuatu diciptakan secara berpasang-pasangan agar mengingat tuhannya. Jadi tak perlu khawatir jika kalian sekarang berada di status darurat jomblo. karena pada akhirnya kalian akan memiliki pasangan.

Dibalik itu semua, tak sedikit cowok yang ditolak cintanya oleh cewek hanya karna kesalahan dalam melakukan PDKT. Sebenarnya menaklukkan hati cewek itu mudah saja kok, jika kalian mengetahui kode etik PDKT dengan baik.

Jika kalian adalah seorang wartawan, tentu tak akan asing lagi dengan yang namanya kode etik jurnalistik. Karena hal tersebut merupakan hal yang wajib harus diketahui sebagai seorang wartawan. Namun tahukah kalian jika kode etik jurnalistik bisa dijadikan jimat untuk PDKT sama cewek?. Berikut beberapa kode etik jurnalistik yang bisa kalian praktekin buat PDKT sama cewek. 

1. Bersikap Independent.
Independent artinya bebas atau merdeka. Sebagai wartawan berarti menyajikan berita apa adanya sesuai dengan fakta. Bukan rekayasa atau karena mendapat hadiah uang.

Nah independent juga berlaku buat PDKT sama cewek. Maksudnya kalian juga harus menyajikan fakta ke cewek yang kalian taksir. Bahwa kalian memang benar-benar suka, sayang dan cinta. Bukan rekayasa dan bukan pula karna taruhan sama teman buat dapetin cewek yang sedang kalian dekati. Kan sakit tahu kalau cinta kalian gak sefakta dengan hati kalian. Hemm...

2. Profesional dalam menjalankan tugas.
Profesional di sini diartikan juga terbuka. Seorang wartawan harus menuliskan sumber secara jelas saat sedang mengutip dari situs lain sebagai bentuk profesionalitas.

Untuk kalian yang sedang PDKT, juga harus bersikap profesional. Artinya jangan kebanyakan ngasih kode. Berbanding terbalik dengan cewek yang suka banget ngasih kode, kalian harus tahu cewek itu lebih suka lelaki yang tu de poin. Tanpa basa basi langsung jelasin maksud kalian mendekatinya. Pelan tapi pasti bro...

3. Jangan asal tuduh!
Sebagai wartawan tentu tidak boleh membuat berita yang asal tuduh. Semua harus dilengkapi dengan data-data yang valid untuk mencapai kebaikan bersama.

Saat PDKT pun jangan suka asal tuduh sama cewek. Masak baru PDKT udah asal tuduh menuduh. Cewek paling benci itu. Sebisa mungkin kalian harus percaya dengannya.

4. Dilarang berbohong
Wartawan harus anti membuat berita bohong. Jangan karna desakan pekerjaan hingga mengabaikan kode etik jurnalistik untuk tidak berbohong.

Cewek tidak suka dibohongi. Jadi saat PDKT jangan sampai kalian berbohong kepada mereka. Dalam kamus mereka, cowok yang suka bohong harus segera ditinggalkan. So, jujur itu gak berat kok.

5. Melindungi narasumber
Seorang wartawan berhak merahasiakan identitas atau keberadaan narasumber dan melindungi informasi detail narasumber jika diminta.

Dalam PDKT pun seperti itu. Kalian harus mampu melindungi cewek yang kalian inginkan. Cewek akan merasa berharga jika selalu dilindungi. Bahkan dilindungi dari satu butir debu sekalipun. Jangan sampai kalian terlihat penakut di depan cewek. Itu namanya bunuh diri!!!.

6. Berani mengakui kesalahan
Saat wartawan melakukan kesalahan. Segeralah untuk mengakui dan meminta maaf. Lakukan ralat dan perbaiki kekeliruan secara terbuka.

Sebagai cowok kalian harus berani mengakui kesalahan. Hukumnya Wajib!!!. Meski kalian gak salah, namun saat PDKT sama cewek, lebih baik kalian harus mengingat pasal mereka. Bahwa cewek itu selalu benar (ya kan ya kan).

7. Hormati keberagaman!
Janganlah pernah menyiarkan berita berdasarkan prasangka atas dasar perbedaan suku, ras, warna kulit, agama, jenis kelamin dan bahasa dll.

Dalam PDKT jangan pernah kalian singgung berat badan seorang cewek. Karna itu mudah membuatnya tersinggung. Apalagi bilang kalau mereka gendut. Niscaya kalian akan dimusnahkan dalam hitungan detik (mampus deh). Sebisa mungkin kalian harus menerima apa adanya keadaan cewek yang kalian suka.

Itulah beberapa kode etik jurnalistik yang bisa kalian praktekin buat PDKT sama cewek. Meski masih ada kode etik yang lain, saya kira itu saja dulu untuk kalian coba. Sudahlah ya, semoga berhasil.

 Oleh : Falis Istianah*
*Mahasiswi STAIN Kudus 
Jurusan Tarbiyah Prodi PAI
Bergiat di Paradigma Institute.