Hari Terakhir PBAK, Maba Antusias Daftar UKM


Stand UKM KSR PMI IAIN Kudus
KAMPUS, PARIST.ID Hari terakhir Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2018 dimanfaatkan sejumlah mahasiswa baru untuk mencari informasi terkait Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di IAIN Kudus. Mereka berbondong-bondong ke stan UKM untuk mendaftar menjadi anggota UKM, Kamis (16/8/2018).

Salah satunya UKM Lembaga Pers Mahasiswa  (LPM) Paradigma. Banyak para mahasiswa-mahasiswi baru yang mendatangi stand LPM Paradigma untuk mencari informasi terkait perekrutan anggota dan mekanismenya.

Zainuddin Nakhid, mahasiswa Jurusan Dakwah ini mengaku sudah tidak sabar untuk mengikuti LPM Paradigma. 

“Saya sudah tidak sabar untuk mengikuti LPM Paradigma, supaya saya bisa belajar dan menerbitkan karya saya,” katanya.

Lebih lanjut Zainuddin menuturkan, sejak masih di bangku Madrasah Aliyah ia sudah menulis puisi sekitar 200 judul dan berharap nantinya bisa diterbitkan. Salah satu puisinya tersebut berjudul Huu Allah. 

Huu Allah itu puisi yang berisi rasa cinta kita kepada Allah,” ujarnya.

Tak hanya stan LPM Paradigma saja yang diserbu oleh mahasiswa baru, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) juga banyak diminati. 

"Dari data yang saya peroleh, sekitar 50 orang sudah mendaftar menjadi anggota Menwa,” kata Andi Nur Wakhid, Komandan UKM Menwa.

Mahasiswa semester 9 ini mengungkapkan, untuk menarik perhatian mahasiswa baru, UKM Menwa mengadakan sosialisasi kepada mahasiswa baru dengan memberikan pengenalan dan keunggulan organisasi.

Sementara itu, UKM KSR juga tidak kalah peminatnya dengan UKM lain. Ini dibuktikan dengan target 100 anggota baru tahun ini. 

Kuota anggota baru yang ditargetkan pengurus KSR untuk tahun ini sebanyak 100 anggota. Kuotanya kami turunkan dari tahun kemarin yang sebanyak 150 agar mempermudah para senior dan pengurus untuk lebih melatih dan mempererat kekompakan di UKM KSR,” terang Ayu Ismawati salah satu pengurus KSR.

Lebih lanjut, Ayu menambahkan bahwa dari 100 anggota baru tersebut akan ada seleksi lagi untuk masuk tingkat berikutnya

"Nanti kami akan saring lagi menjadi 60 orang untuk menjadi anggota tetap,” pungkasnya.

Eva Octavia, mahasiswi baru Program Studi Tadris Bahasa Inggris mengaku ingin mengikuti banyak UKM. “Saya ingin ikut kegiatan STEC, Menwa, dan LPM Paradigma supaya bisa memanfaatkan waktu perkuliahan serta dapat bersosialisasi kepada banyak orang," ujarnya. []
(Qowim/ Intan/Waf)