Sambut HUT RI Dengan Nobar Film Dokumenter Karya Sendiri


KUDUS, PARIST.ID - Berbagai cara warga Indonesia menyambut peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan menonton film dokumenter buatan sendiri yang bercerita tentang sejarah desa.

Hal itu dilakukan oleh warga piji wetan yang memproduksi film dokumenter "Pak Kiai".

"Film Pak Kiai ini buatan generasi muda kita sendiri, menceritakan kondisi piji wetan pada tahun 1945 kala itu," ujar Zudi, ketua RT 04 RW 03 kepada Parist.Id, Kamis (16/08/18).

Zudi menambahkan, film tersebut disutradarai oleh Muhammad Ulul Azmi (Kak Citul) dengan melibatkan anak-anak yang berperan sebagai aktornya. Ceritanya sederhana, yaitu tentang perjuangan kiai kampung yang teguh melindungi warganya dengan berbagai upaya dan doa.

"Bagi kami kiai di desa adalah bapak masyarakat, beliau tempat kami mengadu persoalan," ujarnya.

Terlihat dalam film tersebut tokoh utama, Pak Kiai, bersama masyarakat setempat membuat bambu runcing untuk menyerang tentara Jepang yang telah menguasai aset desa Piji Wetan, seperti tempat ibadah, mata air berupa sumur, dan tempat strategis lainnya.

Muhammad Zaini, ketua panitia, mengatakan kegiatan ini sebagai wujud syukur dan bahagia warga setempat atas kemerdekaan Republik Indonesia.

"Warga guyub rukun, iuran, merancang agenda, lomba-lomba dan kirab untuk menyemarakkan hari kemerdekaan ini," katanya.

Zaini melanjutkan, berbagai kegiatan dilaksanakan selama enam hari, mulai 11-16 Agustus 2018. Ada lomba menyanyi lagu kebangsaan oleh ibu-ibu, makan krupuk, balap kelereng, balap kursi, dan sebagainya. 

Sementara itu, tokoh masyarakat, Kiai Muhammad Irjam, menghimbau agar terus mengisi kemerdekaan dengan kebaikan-kebaikan. Ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap guyub rukun dalam membangun Republik Indonesia. (Dlowie/rid)