Dari Percakapan Biasa Hingga Festival Bahasa

PARIST.ID, KAMPUS – Dua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, STEC dan Al-Izza, berkolaborasi mengadakan Festival Bahasa. Kegiatan yang tidak direncanakan sebelumnya ini berlangsung, Rabu-Kamis (19-20/09/2018) di IAIN Kudus.

Nuria, ketua panitia Festival Bahasa, mengatakan setelah adanya percakapan antara UKM bahasa Inggris (STEC) dan bahasa Arab (Al-Izza), mereka akhirnya melakukan kesepakatan untuk membuat agenda bersama tingkat se-Karesidenan Pati.

Salah satu peserta mengikuti lomba Sing a Song
“Awalnya kami hanya ngobrol-ngobrol biasa. Tapi ternyata percakapan berlanjut sampai akhirnya memutuskan untuk mengadakan forum bersama,” kata Nuria yang juga selaku pengurus STEC.

Senada dengan Nuria Hamzah, pengurus UKM Al-Izzah, membenarkan bahwa tidak ada pembicaraan serius sebelumnya.

”Awalnya kami hanya ngobrol-ngobrol biasa, dan kebetulan Al-Izzah memang punya Program Kerja (Progja) lomba. Jadi akhirnya kita satukan saja.” tutur Hamzah, wakil ketua panitia Festival Bahasa.

Dari agenda tersebut, lanjut Hamzah, diharap ke depan kedua UKM ini nantinya bisa melakukan kegiatan bersama lagi. Acara ini juga termasuk strategi promosi pengenalan UKM berbasis bahasa untuk para siswa sebelum masuk ke jenjang perkuliahan.

“Semoga para siswa bisa lebih mengembangkan bahasa, khususnya bahasa Inggris dan bahasa Arab nantinya,” harapnya.

Kegiatan yang mengundang para siswa tingkat SMA sederajat di Kudus, Pati, Jepara, Grobogan dan Kabupaten Rembang, yang semuanya masuk dalam wilayah se-Karesidenan Pati. Menawarkan lomba-lomba di antaranya, lomba menyanyi bahasa Inggris (Sing a Song) diselenggarakan di GOR IAIN Kudus, lomba menyanyi bahasa Arab (Ghina) di gedung PKM, pidato Bahasa Inggris (Speech) di gedung Ushuluddin, ceramah Bahasa Arab (Khitobah) di gedung SBSN, dan lomba menulis essay atau insya’ di gedung Rektorat lantai 3 IAIN Kudus. (Fandi)