Bangkit Lagi, Komunitas Samar Bakal Pentaskan "Bregadha Merudhandha"

Parist.id, KUDUS - Setelah beberapa tahun vakum dari dunia pentas seni, Komunitas Seni Samar Kudus akan menggelar perhelatan pertunjukan seni teater yang berjudul "Bregada Merudhandha", Rabu (06/03/2019) besok malam di Auditorium Universiras Muria Kudus (UMK).
panflet kegiatan pentas seni Samar Kudus

Manajemen Produksi Komunitas Semar, Bagus Penggalih mengatakan pentas teater kali ini menceritakan tentang tesis sejarah kota atau peradaban yang kini bernama Kota Kudus.

"Dalam cerita ini nantinya akan ada peperangan antara pasukan pengabdi Ratu Sanjaya dan pemberontak dari kerajaan Raja Sunda-Galuh, dan asal usul dari upacara Merudhanda yang merupakan judul dari teater ini sendiri" jelas Bagus. 
Komunitas Seni Samar merupakan komunitas seni dari Kudus yang terakhir tampil dalam pertujukan seninya pada tahun 2014 terakhir. 

"Kami sering menggunakan karya-karya sendiri dalam pementasan. Namun tak jarang juga menggunakan penulis lakon terkenal," jelas Bagus.

Selain pentas teater, nantinya akan ada pentas musik dari Republik Kanzu, Persatuan Musisi Jaipong Kudus (PEMUJAKU) dan Diskusi Kebudayaan Rananggana: Sejarah Samar Kota Kudus Masa Lampau. (Fal)