HUT Komunitas Seni Samar Adakan pertunjukan Teater dan Reuni Anggota

Parist.id - KUDUS, memperingati hari jadi yang ke 21 Komunitas Seni Samar Kudus mengadakan pertunjukan teater sekaligus reuni anggota di gedung auditorium Universitas Muria Kudus, Rabu (06/03/19).

Salah satu panitia acara, Dian menuturkan bahwa di HUT komunitas samar ini banyak anggota senior yang turut hadir.

"Serasa kaya reuni, karena banyak dari anggota senior yang hadir dan ikut andil dalam pertunjukan ini," tuturnya.
Pertunjukan Teater Komuntas Seni Samar di Auditorium Universitas Muria Kudus dalam Rangka HUT ke 21

Pertunjukan tersebut merupakan pertunjukan pertama setelah vakum selama 3 tahun terakhir. Dalam pertunjukan yang di selenggarakan tadi malam, mula-mula dibuka dengan pertunjukan pentas musik dari republik kanzu dengan alunan musik tradisional dilanjutkan penampilan musik Jaipong  oleh persatuan musik jaipong Kudus ( PEMUJAKU ).

Komunitas seni samar sendiri, lanjut Dian, menampilkan pertunjukan teater dengan judul bregada merundhandha, yang menceritakan tentang kisah pasukan elit dari kerajaan Medang kamulan untuk melawan pemberontakan dari raja Sunda pada saat itu. Namun sungguh tak disangka setelah berhasil mengatasi pemberontakan raja Sunda setiba di istana Medang kamulan sang raja yang bernama ratu Sanjaya gugur akibat penyerbuan kerajaan Sriwijaya.

Singkat cerita, karena merasa telah gagal mengemban titah sang ratu, bregada mayura yang yang merupakan pemimpin pasukan bregada mayura. Ia memutuskan meninggalkan kerajaan Medang sang kembali ke tanah muria dengan melepas semua yAng dimiliki nya dan  bersemedi membersihkan dirinya serta hidup sebagai orang biasa dengan beberapa pengikut nya.

Dian berharap apa yang dipentaskan Komunias Semar dapat menjadi visualisasi fiksi dari kisah bregada merundhandha yang merupakan secuil kisah tentang asal kota kita sebelum kota ini bernama Kudus.

"Singkatnya agar masyarakat Kudus tau asal kotanya sendiri sebelum bernama Kudus," harapnya. (Ali)