Penggemar Novel "Hati Suhita" Padati GOR IAIN Kudus

KAMPUS - Bedah buku "Hati Suhita" karya Khilma Anis yang diselenggarakan oleh LPM Paradigma dalam rangkaian acara Haflah Ilmiah Jilid 4 berhasil menyedot perhatian publik. Ratusan penggemar dan sejumlah dosen turut hadir dan memadati GOR IAIN Kudus, Kamis (24/10/2019).

Salah satu penggemar novel hati suhita, Nurul Mubari'ah mengaku senang dapat melihat penulisnya secara langsung. Meski tak dapat berjabat tangan, baginya dapat hadir di acara bedah buku kegemarannya sudah menjadi hal yang membanggakan.

"Sempat menyesal karna datang terlambat. Akibatnya kursi dan tribun sudah penuh. Tapi beruntung ada orang yang mau memberikan kursinya untuk saya," kata mahasiswi semester tujuh Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ini.

Menurutnya, cerita yang paling membuatnya termotivasi adalah mikul duwur mendem jero yang sulit dilakukan oleh orang-orang zaman sekarang.

"Saya dapat memetik pelajaran bahwa tak selamanya masalah harus diumbar. Tapi bagaimana harus bersikap dewasa. Khilma Anis suskes memotivasi saya lewat novel hati suhita," ungkapnya.

Berbeda dengan Nurul, penggemar lain, Cindi Fatmawati mengaku suka dengan karakter Rengganis yang ikhlas dan legowo dengan takdir Tuhan saat harus berpisah dengan Gus birru.

"Tidak semua wanita bisa ikhlas bila berada di keadaan seperti itu. Dan Khilma Anis mampu menceritakan dengan baik dan mampu membuat saya menangis saat membaca novelnya," jelasnya.

Lebih lanjut, menurutnya Khilma Anis mampu memperlihatkan harkat dan martabat seorang perempuan di novelnya.

"Novel hati suhita melihatkan marwah dan keteguhan perempuan. Hal itu yang membuat novel ini menarik dibaca," tambahnya.

Terakhir, ia berharap akan ada novel-novel dari Khilma Anis yang tak jauh bagusnya dari novel hati suhita dan novel-novel sebelumnya.

"Siap menunggu novel selanjutnya, dan siap menjadi penggemar setia," katanya. *(A'yun/Falis)*