Wakil Rektor I : KKN-DR Jadi Peluang Eksplorasi Skill Teknologi

KAMPUS, PARIST.ID - Tidak perlu membandingkan dengan KKN pada tahun-tahun sebelumnya pada kondisi normal, KKN DR justru menjadi kesempatan mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan di bidang teknologi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor I, Supaat, dalam pembekalan lanjutan program Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi Dari Rumah (KKN-IK DR) yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Kudus secara daring melalui aplikasi Zoom dan Live Streaming Youtube, Kamis (25/06).

"Mahasiswa dituntut kemandirian dan kreativitasnya dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat pengabdian diri kepada masyarakat," terang Supaat.

Ia berharap mahasiswa yang sudah dibekali dengan kompetensi akademik dapat memanfaatkan peluang dengan adanya IT. Ia juga mengajak seluruh mahasiswa agar menyikapi KKN ini dengan positif dan mindset baru.

"Dimanfaatkan dengan baik karena sekop pengabdian kita tidak hanya lokal, tetapi secara mendunia," pesanya.

Meskipun sebelumnya mahasiswa telah mendapatkan pembekalan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing-masing, pembekalan yang dipandu oleh Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM) Ulfah Rahmawati ini bertujuan untuk memantabkan materi sekaligus menyelaraskan pemahaman mahasiswa tentang KKN-IK DR.

Dalam pembekalan tersebut, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kudus, Mohammad Dzofir, menjelaskan, KKN-IK DR merupakan  pengintegrasian Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK)  berbasis kompetensi prodi dengan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah  (KKN-DR). Berbeda dengan tahun sebelumnya, KKN-IK DR dilakukan dari rumah masing-masing akibat adanya pandemi covid-19.

"KKN-IK DR adalah hal yang baru, Covid-19 memaksa kita untuk melangsungkan KKN dengan tetap menjaga protokol kesehatan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dzofir juga menjelaskan secara rinci tentang ruang lingkup KKN-IK DR, bentuk kegiatan, tugas per kelompok ataupun individu, hingga bentuk laporan dan teknis penilaian nantinya.

 (Muna)