Bincang Sastra, Toni Lesmana: Nikmati Karya dengan Membaca


PARIST.ID - Apresiasi merupakan proses penghargaan atau penilaian terhadap sesuatu. Dalam karya sastra, dapat menikmati cerpen atau puisi adalah suatu bentuk apresiasi. Sedangkan, langkah awal untuk dapat menikmati karya sastra yaitu dengan membacanya.

Hal tersebut dikemukakan sastrawan asal Jawa Barat,  Toni Lesmana, dalam wicara daring  atau bincang sastra edisi IV yang diselenggarakan oleh Badan Bahasa Kemendikbud.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Faisal Meinaldy ini menghadirkan narasumber Toni Lesmana dan Puji Santosa. Mengangkat tema “Apresiasi Puisi dan Cerpen” webinar digelar melalui via Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada Rabu, (08/07).

Menurut Toni, sastra bukanlah sesuatu yang rumit, tapi sesuatu yang indah dan dapat dinikmati. Setelah seseorang mampu menikmati karya cenderung muncul minat lain untuk mengkaji dan melahirkan karya baru.

“Apresiasi akan berlangsung dari sekadar menikmati, hingga ke proses kreatif,” tambah sastrawan kelahiran Sumedang itu.

Selain itu, lanjut Toni, diperlukan peran masyarakat untuk terus mengenalkan sastra agar tetap diminati. “Bisa lewat taman baca masyarakat atau membawakan sastra di dalam pertunjukan,” ujarnya.

Sementara itu, Peneliti Badan Bahasa Kemendikbud, Puji Santosa, menyampaikan, pihaknya telah melakukan berbagai program dalam upaya pengembangan sastra.

”Seperti pengiriman sastrawan berkarya ke wilayah 3T, gerakan literasi sastra dan penulisan kembali cerita rakyat," pungkasnya. (Dina)