Best Viral Premium Blogger Templates

HMPS PPI Gelar Diskusi Online Strategi Cepat Menyelesaikan Skripsi

parist  id
Kamis, Juni 10, 2021 | 07:27 WIB
VIRTUAL: Tangkapan layar Diskusi Online Strategi Cepat Menyelesaikan Skripsi, Rabu (09/06/2021). (Foto: Mahiroh/Detik)

Kampus, parist.id - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pemikiran Politik Islam (HMPS PPI) menggelar diskusi bertema “Strategi Cepat Menyelesaikan Skripsi.” Diskusi yang berlangsung virtual ini menghadirkan narasumber dosen dan mahasiswa lulusan tercepat Prodi Pemikiran Politik Islam (PPI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Rabu, (09/06).

Lulusan tercepat Prodi PPI, Tevana Sari Dewi, membagikan strategi mudah agar skripsi selesai tepat waktu dengan mencari tema penelitian yang disukai. Meluangkan waktu 3-4 jam untuk menulis skripsi dan mencari tempat yang kondusif juga perlu dilakukan agar skripsi cepat selesai.

"Pastikan kamu berada dalam circle pertemanan yang punya keinginan sama untuk segera lulus. Buat mini-discussion dengan yang lebih berpengalaman dan jangan lupa berdoa dan minta doa restu orang tua," ungkap mahasiswi lulusan pertama Prodi PPI.

Rofiq Addiansyah, Dosen Prodi PPI, mengatakan agar skripsi cepat selesai diantaranya dengan cara membangun komunikasi baik dengan pembimbing, menulis dengan rileks, time line penulisan harus tertata baik, dan sering berdiskusi dengan orang yang sudah berpengalaman.

"Yang pasti harus ikhtiar dan banyak berdoa," tambahnya.

Senada dengan Rofiq, Adiba Arifia Fadilah, lulusan tercepat Prodi Pemikiran Masyarakat Islam, menyebutkan strategi yang dilakukannya yaitu dengan berkumpul bersama teman yang semangat mengerjakan skripsi, rajin bimbingan dengan dosen, dan sering membaca jurnal dan pedoman skripsi.

“Semua itu tergantung pada diri kita, harus komitmen dan disiplin,” ucapnya.

Adiba mengibaratkan jika hidup adalah game, maka skripsi itu salah satu level yang harus dilewati untuk naik ke level selanjutnya. 

So, enjoy saja gaes, jangan dibuat beban, karena tidak hanya kamu saja yang melewati itu,” jelasnya saat memberikan trik menyelesaikan skripsi.

Aisyah Maulida, Dosen Prodi PMI IAIN Kudus, menjelaskan bahwa yang pertama dilakukan yaitu harus menentukan motivasi menulis skripsi secara personal. Selanjutnya dengan mengenali skripsi yang dibuat, menjaga relasi dengan pembimbing, membangun image baik, dan menentukan diri sendiri realistis atau idealis.

“Seberapa banyak kalian ikut seminar tentang skripsi, nonton video tips-tips skripsi, atau bahkan membaca motivasi quotes untuk membuat skripsi, kalau skripsi tidak dikerjakan, ya tidak akan selesai. Jadi intinya, skripsi itu dikerjakan,” tegasnya mengakhiri penyampaian materi.

M. Ariq Ajaba, Koordinator Divisi Riset dan Pendidikan Politik HMPS PPI, mengatakan  tujuan kegiatan ini untuk memotivasi mahasiswa agar dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu, terutama untuk mahasiswa PPI dan PMI. 

"Karena kebanyakan peserta yang hadir dari kedua prodi tersebut (PPI dan PMI /Red). Terlebih dari prodi PPI baru saja mempunyai satu lulusan jadi kita libatkan untuk menjadi narasumber," jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan mahasiswa yang berprestasi dan berkualitas sehingga dapat memiliki daya saing.

"Kedepannya semoga dapat menghasilkan lulusan-lulusan mahasiswa yang unggul dan mumpuni, mampu berdaya saing sesuai bidangnya," harapnya. (Arief/Mhr)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HMPS PPI Gelar Diskusi Online Strategi Cepat Menyelesaikan Skripsi

Trending Now