Best Viral Premium Blogger Templates

Meriahkan Milad, UKM JQH Asy-Syauq Gelar Sinau Sastra Kaligrafi

parist  id
Kamis, Maret 24, 2022 | 17:52 WIB
Presentasi karya peserta Sinau Sastra Kaligrafi di Aula SBSN lt. 1, Rabu (23/03/2022). (Foto: Rishalia/Detik)

PARIST.ID, Kampus – Memperingati Milad (hari lahir) ke-26 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) JQH Asy- Syauq IAIN Kudus menggelar acara Sinau Sastra Kaligrafi. Mengusung tema “Eksistensi Cinta Al-Qur’an dengan Ragam Seni Islam”, acara ini menghadirkan langsung pendiri sanggar kaligrafi Asta Qalam Kudus (AQK), Purwanto Zain, bertempat di Aula SBSN lantai 1 pada Rabu (23/03/2022).

Wakil Rektor III, Ihsan dalam sambutannya mengatakan kajian tentang Al-Qu’ran sekarang ini tidak hanya dikaji dari sisi qiro'ah-nya namun juga tulisannya. Ihsan mengapresiasi dengan diselenggarakan acara ini semoga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan dalam penulisan mushaf Al-Qur’an.

“Penulisan ayat Al-Qur’an harus benar, tidak boleh asal-asalan. Penempatan harokatnya harus tepat,” tegasnya.

Pemateri Sinau Sastra Kaligrafi, Purwanto Zain mengatakan pembahasan mengenai kaligrafi tidak akan ada habisnya. Menurutnya, kaligrafi tidak hanya sebagai ilmu dan skill tetapi kaligrafi dapat dikaji dalam berbagai aspek. Kaligrafi merupakan sarana dakwah melalui pena dan kuas, sehingga para seniman kaligrafi harus berkarya sebanyak-banyaknya dan tidak bosan untuk menebarkan dakwah melalui kaligrafi.

“Punya skill harus diaplikasikan, buatlah karya yang pertama dan berbeda. Maka karya tersebut akan menarik,” jelasnya.

Purwanto menambahkan karya kaligrafi  perlu untuk dipublikasikan untuk branding diri. Ia berpesan untuk selalu memamerkan karya-karya kaligrafi di media sosial karena suatu karya tidak ada yang jelek namun karya butuh penikmatnya.

“Setiap saya berkarya langsung saya upload, siapa yang suka langsung menghubungi,” ujar Purwanto.

Salah satu peserta, Fahrul Iqbal Alfariqi merasa senang acara Sinau Sastra Kaligrafi memberikan tambahan pengetahuan baru, khususnya pada skill pewarnaan dalam lukisan media kanvas. Ia mengatakan pemateri sangat memotivasi untuk lebih cinta kaligrafi dan memberikan support terhadap perkembangan kaligrafi.

“Jadi tambah ilmu apalagi langsung praktik, pematerinya banyak kasih motivasi buat berkarya,” ungkapnya.

Fahrul berharap acara dalam rangka Milad JQH Asy-Syauq ke-26 ini dapat menarik minat bakat para seniman-seniman Islam. Khususnya untuk mahasiswa IAIN Kudus dan juga dapat menjangkau lebih luas seluruh kalangan masyarakat.

“Semoga lahir banyak seniman Islam yang berdakwah melalui pena dan kuas,” ujarnya.

Reporter: Rishalia
Editor: Muna

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meriahkan Milad, UKM JQH Asy-Syauq Gelar Sinau Sastra Kaligrafi

Trending Now