Best Viral Premium Blogger Templates

Optimalkan Media Digital dalam Pemasaran Produk UMKM

parist  id
Minggu, September 25, 2022 | 11:19 WIB
 
Triyanto Soetardjo sedang memberikan materi tentang media digital dalam pemasaran kepada audien, Sabtu (24/09). Foto : (Alfia/Paradigma)


PARIST.ID, Kudus - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integrasi Kompetensi (IK)  IAIN Kudus menggelar seminar UMKM yang bertema "Strategi Meningkatkan Produktivitas Pemasaran Produk UMKM di Era Digital" pada Sabtu (24/09/2022) di aula Balai Desa Rahtawu.  Acara tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut, Alfia selaku ketua panitia mengungkapkan banyaknya UMKM dan pariwisata di Rahtawu perlu digencarkan untuk di kenal dikalangan masyarakat luas. Salah satu langkah awal yaitu dengan menggunakan media digital agar lebih dikenal banyak orang.

"Kami ingin mengangkat potensi desa ini utamanya UMKM kecil dan pariwisata lewat dunia digital agar rahtawu semakin dikenal masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Rasmadi Didik Ariyadi selaku Kepala Desa mengatakan sudah sepatutnya generasi muda meneruskan bakat bersosial media dalam mengenalkan potensi desa. 

"Sebenernya kalian (kaum muda) sudah punya bakat. Sebab tinggal upload di sosmed nanti akan selalu dicari produk kita," katanya.

Didik juga menambahkan bahwa hasil bumi Rahtawu selama ini hanya menguntungkan tengkulak saja sehingga perlunya mengatur pemasaran yang jitu.

"Sebenernya kita sudah jadi juragan semua. Tapi bagaimana kita bisa mengatur strategi yang bagus agar tidak menguntungkan tengkulak," tambahnya.

Triyanto Soetardjo sebagai pemateri tunggal menerangkan strategi marketing dalat di kompetisi baik lokal maupun nasional, melakukan promosi dan edukasi melalui sosial media dan marketplace. 

Triyanto juga membeberkan bahwa digital marketing bisa dilakukan oleh siapa saja dengan bermodalan handphone.

"Sangat mudah, kita cukup bermodalan HP di foto dan diupload di marketplace manapun nanti banyak orang yang cari," beber Triyanto.

Triyanto berpesan agar masyarakat Rahtawu untuk selalu bersatu dalam membranding dan memajukan desa.

"Semua potensi di Rahtawu sudah lengkap. Tinggal masyarakat dapat menyukseskan program BUMDES terutama pasar di Rahtawood nanti," pesannya.


Editor : Nad
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Optimalkan Media Digital dalam Pemasaran Produk UMKM

Trending Now