Best Viral Premium Blogger Templates

Peran Mahasiswa dalam Pemilu 2024

parist  id
Kamis, Oktober 20, 2022 | 13:12 WIB
Moh Wahibul Minan memberikan penjelasan kepada audiens terkait peran mahasiswa di pemilu 2024, Selasa (18/10). Foto : Istimewa 


PARIST.ID, Kampus - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pemikiran Politik Islam (PPI) IAIN Kudus, Mengadakan seminar yang bertema “Peran Mahasiswa dalam Pengawasan Pemilu 2024”. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung PKM, Selasa (18/10/2022). 
 
Seminar tersebut ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan Mahasiswa terkait nilai-nilai politik. Guna menumbuhkan kesadaran dan kekritisan berpikir dalam menyikapi fenomena politik yang ada.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Kudus, Moh Wahibul Minan mengatakan untuk menyambut pemilu serentak yang akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024. Peran Mahasiswa sangat diperlukan untuk mengawasi berjalannya pemilu. Guna dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dalam proses pemilu.
 
“ Masyarakat dan mahasiswa diharapkan dapat menjadi pengawas partisipatif, yaitu pengawasan yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat baik secara individual maupun kelompok,” ujarnya.
 
Lebih lanjutnya, Minan menyebutkan ada empat hal yang dapat dilakukan mahasiswa sebagai bentuk peran partisipatif dalam pengawasan pemilu. Pertama, menyampaikan informasi awal. Menginformasikan kepada masyarakat terkait segala hal yang tidak boleh dilakukan ketika pemilu.
 
Kedua, mencegah terjadinya pelanggaran. Mengingatkan orang lain agar tidak melakukan sesuatu yang dapat menyalahi aturan. Ketiga, mengawasi/memantau proses berjalannya pemilu di lingkungan sekitar. Keempat, melaporkan pelanggaran pemilu yang terjadi kepada pihak berwenang. 
 
“ Peran masyarakat sebagai pengawas partisipatif merupakan bagian dari kontrol nasional agar dapat memilih pemimpin yang sesuai dengan kehendak rakyat,” terangnya.
 
Selain itu, sebagai agen perubahan. Mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk mengkritisi kebijakan pemerintah, menggaungkan suara rakyat dan memberi pesan moral kepada khalayak luas.
 
“ Karena hasil demokrasi yang baik tidak akan terwujud tanpa proses pengawasan yang baik pula,” pungkasnya.


Editor : Nad
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Mahasiswa dalam Pemilu 2024

Trending Now