Best Viral Premium Blogger Templates

Pentingnya Etika Bermedia Massa bagi Kalangan Gen Z di SMP IT Al-Islam Kudus

parist  id
Senin, Juni 03, 2024 | 08:48 WIB
Foto bersama siswi SMP IT Al Islam Kudus (Dokumentasi penulis)


 
Kudus, PARIST.ID - 4 Mahasiswa KPI IAIN Kudus melakukan penyuluhan di SMP IT Al-Islam terkait etika bermedia massa khususnya bagi generasi Z (31/05/2024). Penyuluhan ini dilakukan sebagai bentuk penugasan praktik lapangan dalam mata kuliah Hukum dan Etika Media Massa yang diampu oleh Ibu Primi Rohimi, S.Sos., M.Si di mana tugas ini merupakan salah satu program pembelajaran di luar lingkungan kampus bagi mahasiswa. Penyuluhan ini bertujuan agar gen z dapat memahami pentingnya etika dalam bermedia massa khususnya media sosial. Sebanyak 30 siswi mengikuti kegiatan penyuluhan ini. Antusiasme siswi SMP IT Al-Islam sangat baik dan sangat semangat ketika pemaparan materi sedang berlangsung.
 
Tsania Misbahun Naila menjelaskan "Di era digital, media massa telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari khususnya di Generasi Z. Media massa seperti sosial media, YouTube, dan TikTok telah memungkinkan orang-orang untuk berbagi informasi, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain secara lebih mudah dan cepat. Namun, dengan kebebasan yang diberikan oleh media massa juga datang tanggung jawab untuk menggunakan media massa secara etis dan bertanggung jawab."
 
Gita Tiara memaparkan beberapa materi terkait definisi etika media massa, pentingnya etika media massa di kalangan gen Z, contoh etika media massa, dan dampak etika media massa.
 
Hana Afroh juga memaparkan "Etika media massa sangat penting dalam kehidupan sehari-hari gen z SMP. Etika media massa juga membantu mencegah terjadinya cyber bullying, diskriminasi, dan kekerasan virtual. Oleh karena itu, gen z SMP harus memperhatikan etika media massa dan menggunakan media massa secara bijak dan bertanggung jawab."
 
Muhammad Fahmi menambahkan, "Selain yang sudah dijelaskan, kita semua harus hati-hati dengan adanya media massa sekarang khususnya di era kebebasan media sosial saat ini."
 
Melalui kegiatan ini, Dosen mata kuliah Hukum dan Etika Media Massa, Primi Rohimi, S.Sos., M.Si. berharap para pelajar gen Z, khususnya para siswi SMP IT Al-Islam Kudus dapat lebih memahami bagaimana bersikap dengan menerapkan etika bermedia massa di berbagai media yang mereka miliki. Selain itu, juga diharapkan bahwa para siswi dapat lebih peka dan mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan ketika tidak menerapkan maupun menerapkan etika bermedia massa.

Penulis: Gita Tiara & Tsania Misbahun Naila
*Berita diunggah untuk tugas mata kuliah  Hukum dan Etika Media Massa
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Etika Bermedia Massa bagi Kalangan Gen Z di SMP IT Al-Islam Kudus

Trending Now