![]() |
Deretan speadboat yang berjajar rapi di dermaga utama Bendungan Logung (08/07) |
Kudus, PARIST.ID - Sejumlah mahasiswa UIN Sunan Kudus dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) tengah sibuk melakukan proses produksi video promosi wisata speedboat di Kawasan Waduk Logung, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang terintegrasi KKL (Kuliah Kerja Lapangan), Selasa (08/07/2025).
Kelompok mahasiswa yang terdiri dari delapan orang ini menjalani PPL di Beta News Kudus, sebuah media lokal yang aktif dalam pemberitaan. Dibawah bimbingan redaksi, mereka terjun langsung ke lokasi untuk membuat rancangan dan melakukan pengambilan video promosi yang mengangkat tema pesona wisata speedboat Logung. Mereka melakukan riset lapangan, observasi secara langsung, serta wawancara kepada pengelola wisata. Mereka juga mendokumentasikan aktivitas yang ada di sekeliling waduk Logung.
Ketua Kelompok, Seli Rukhmana mengungkapkan kegiatan ini bukan hanya bagian dari tugas akademik tetapi juga ruang bagi mahasiswa PPL untuk membangun koneksi dengan masyarakat dan menambah pengalaman terjun secara langsung.
"proyek ini bukan sekadar menjadi bagian dari tugas akademik, tetapi juga pengalaman bekerja langsung di lapangan dan membangun koneksi dengan masyarakat. Dengan adanya proyek ini, mereka banyak belajar tentang manajemen produksi, kerja sama antar tim, hingga berkomunikasi langsung dengan pihak pengelola dan para pengunjung. Kami juga berusaha untuk membuat konten yang bukan hanya estetik, tetapi juga informatif," Ungkapnya
Tim Teknisi, Erlangga Maulana Evit Andrean juga turut membagikan cerita terkait hambatan yang dirasakan mahasiswa PPL selama menjalani proses pengambilan video di lapangan.
"keterbatasan alat dan perlengkapan produksi. Beberapa kali kamera mengalami gangguan teknis seperti overheat atau baterai cepat habis karena digunakan di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama. Hambatan lainnya adalah gangguan suara di lokasi, seperti banyak kendaraan yang berlalu lalang, anak-anak yang bermain dan memasuki area pengambilan video, hingga suara pengunjung yang cukup ramai, yang membuat harus melakukan pengambilan video ulang. Namun hal tersebut justru menjadi bagian dari pengalaman belajar yang berharga yang tidak mereka dapatkan di ruang kelas," Ungkapnya
Pembimbing lapangan Beta News, Ahmad Rosyidi Ainul Yaqin menyambut baik ide para mahasiswa. Ia menyampaikan apresiasi atas semangat tinggi yang dimiliki mahasiswa dalam mempromosikan wisata lokal.
“Saya takjub melihat semangat mereka yang luar biasa. Apalagi tema yang mereka ambil itu mengenai wisata lokal, itu secara tidak langsung pasti akan membantu mempromosikan wisata lokal itu tadi.”
Dari hasil pengamatan para mahasiswa, wisata speedboat Logung memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut. Oleh karena itu, melalui video ini, mereka ingin membantu memperkenalkan potensi tersebut ke masyarakat luas, terutama melalui media digital.
Setelah melakukan produksi video selama beberapa hari, mereka melanjutkan ke tahap pasca produksi dengan melakukan proses editing. Dalam tahap ini, mahasiswa UIN Sunan Kudus tersebut menyusun ulang hasil rekaman, menyeleksi adegan terbaik, menambahkan musik latar, transisi, serta teks informatif sebelum akhirnya video tersebut siap diunggah ke berbagai platform media sosial sebagai bagian dari promosi wisata speedboat Logung.
Dengan adanya konten promosi ini, mahasiswa berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkenalkan wisata speedboat Logung kepada masyarakat luas. Melalui video yang mereka produksi, mereka berusaha menampilkan keindahan alam di sekitar waduk Logung, keseruan menaiki speedboat, serta aneka menu kuliner yang ada di wisata speedboat Logung. Harapannya setelah konten ini di unggah ke berbagai media sosial, banyak masyarakat yang tertarik untuk berkunjung, sehingga kunjungan wisatawan semakin meningkat dan berdampak baik pada perekonomian warga sekitar yang menggantungkan hidupnya di wisata speedboat Logung.