Racana STAIN Kudus Adakan Lomba Penegak se-Binwil Pati

Para peserta melakukan upacara pembukaan pada acara lomba Penegak yang diadakan oleh Racana STAIN Kudus.
Foto : Dokumen Racana

KUDUS- Sebanyak 38 sangga dari berbagai sekolah mengikuti lomba penegak se-Binwil Pati di lapangan Balai Desa Ngembalrejo Kecamatan Bae, Sabtu (5/11). Acara ini diadakan oleh RACANA STAIN Kudus dan telah dilaksanakan sebanyak 4 kali. Rincian peserta yang hadir yakni 5 sanggah delegasi Demak, 1 sanggah delegasi Pati, 2 sanggah delegasi Jepara dan 30 sanggah dari Kudus. Masing-masing sanggah terdiri dari 10 orang.

Para peserta diambil dari undangan RACANA STAIN Kudus seperti pada dua tahun lalu. Acara yang berlangsung dari hari Sabtu hingga Senin diperkirakan berjalan dengan meriah. Adapun lomba yang akan berlangsung diantaranya LCC, Jurnalistik, Pentas seni, PBB, Pionering, dan K3.

Berbeda

Lomba Penegak se-Binwil Pati berbeda dengan tahun-tahun lalu. Hal ini dilihat mulai dari pembukaan acara. Pembukaan yang dihadiri oleh pihak Polsek, Polres, Camat, dan Lurah setempat menjadi salah satu perbedaan dari tahun lalu. 

“Tahun Kemarin hanya dihadiri oleh para dosen STAIN Kudus, maka berbeda dengan tahun ini” Jelas Ahmad Mustagfirin, Sekretaris Dewan RACANA STAIN Kudus.

Untuk menyambut para pejabat tinggi ini, RACANA STAIN Kudus menampilkan senam lalu lintas dari SD dan tari kretek yang dikombinasikan dengan gerakan yang dibuat sendiri.
Perbedaan juga dilihat dari serangkaian lomba yang digelar. Lomba yang menjadi keunikan tahun ini yakni lomba Jurnalistik dan PBB Full variasi.
“Keduanya menjadi lomba yang unik, karena sebelumnya tidak ada lomba jurnalistik dan PBB tahun lalu variasinya sedikit,” ujar Mustagfirin.

Jurnalistik

Adapun adanya lomba jurnalistik tidak lepas dari intropeksi RACANA STAIN Kudus. Mereka mengaca dari perlombaan tingkat nasional di Kendari. Pada perlombaan Nasional tersebut digelar lomba jurnalistik.

RACANA STAIN Kudus menyadari bahwa selain memahami dunia perkemahan juga harus memiliki kemampuan jurnalis. Hasil dari perlombaan ini, tulisan para peserta akan dibuat sebagai buletin. Hal ini dengan tujuan mempromosikan kegiatan RACANA baik kepada mahasiswa STAIN maupun kepada sekolah-sekolah di Kudus.[]

Manik Wulandari