Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa STAIN Kudus Bersihkan Sungai


Colo, Parist.id - Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (Prodi PMI) STAIN Kudus menggelar Aksi Montel Bebas Sampah. Diikuti sekitar 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru Prodi PMI, komunitas dan tamu undangan itu  dilaksanakan di kompleks wisata air terjun Montel, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Sabtu pagi (9/9/2017).

BERSIH : Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam FORKOMASI melakukan aksi bersih-bersih Air Terjun Monthel Colo Dawe Kabupaten Kudus. FOTO: Dokumentasi Panitia.

Aksi itu dimulai dengan upacara kemudian berjalan dari Balai Desa Colo menuju hulu sungai, yaitu tempat air terjun montel, sejak pukul 06.00 WIB. Sambil menyusuri sungai, seluruh peserta aksi itu membersihkan sungai dari sampah yang dijumpai di sepanjang aliran sungai.

"Melalui aksi bersih sungai, Panitia ingin memperkenalkan prodi PMI kepada masyarakat. Selain itu, ini menjadi ajang bagi mahasiswa baru PMI STAIN Kudus agar lebih menyatu dalam kehidupan masyarakat lewat alam dan sosial," ujar Dewi Aimatul Chotimah selaku panitia aksi.
Dalam kesempatan itu, Dewi juga mengungkapkan adanya aksi ini menjadi bukti bahwa mahasiswa PMI STAIN Kudus memiliki peran aktif dalam mengembangkan dan memberdayakan masyarakat.

Sejalan dengan Dewi, Andi Kurnia Hakim, peserta dari mahasiswa baru, menilai aksi ini sebagai wujud cinta alam dan teladan yang baik bagi masyarakat. Mahasiswa PMI harus memberikan contoh atau tuntunan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar. 

"Aksi ini dilakukan untuk menuntun masyarakat lebih peduli kepada lingkungan dan sosial," katanya.

Respon dari masyarakat sekitar tentang kegiatan Aksi Montel Bebas Sampah ini, masyarakat  sangat mendukung dan senang sekali dengan adanya kegiatan ini. Acara itu berkat kerjasama komunitas Talisaku dan Forum Komunikasi Mahasiswa(FORKOMMASI) PMI Koordinasi Wilayah UIN Walisongo Semarang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, dan Intitusi Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) Pati.[] (Rifa dan Latifah/Ish)