Ada User Education, Layanan Perpus STAIN Kudus Dikurangi

Parist.id, Kampus – Selama dua pekan ini, perpustakan STAIN Kudus hanya melayani pinjam-kembali dua hari per pekan. Hal itu tentu saja mengganggu aktivitas mahasiswa dalam proses perkuliahan. 
Mahasiswa STAIN Kudus tersebut keluar dari gedung perpustakaan. (Ismah/Paragraphoto)
Ketua Perpustakaan Anisa Listiana mengatakan, pelayanan dikurangi sebab ada program user education. Ia khawatir jika layanan pinjam dan mengembalikan buku masih diberlakukan justru akan merepotkan petugas dan kenyamanan gedung.

“Sekali pertemuan user education, ada sekitar 150 mahasiswa, kalau ditambah mahasiswa yang lain bakal melebihi daya beban gedung perpustakaan lantai 2,” ungkap Anisa, Rabu siang (13/09/2017).

Program tersebut berfungsi mengenalkan pelayanan dan sistem kerja perpustakaan STAIN Kudus kepada mahasiswa baru. Program ini mulai berlaku baru pada tahun akademik 2016/2017.

Meski begitu untuk layanan baca dan administrasi perpustakaan tetap dilakukan setiap hari kecuali Minggu. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang meliburkan pelayanan pinjam-kembali selama dilaksanakannya program user education.

“Tahun ini kita tetap memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk meminjam buku, meski cuma dua hari, yaitu Senin dan Kamis,” paparnya.

Sementara itu, Mahasiswa Jurusan Tarbiyah semester sembilan, Muhammad Nur Salim, mengaku terganggu dengan program itu. Ia yang sedang dalam proses menyelesaikan tugas akhir tidak bisa meminjam buku secara leluasa.

“Harusnya program seperti itu tidak dilakukan dalam waktu-waktu aktif perkuliahan seperti ini. Kasihan juga mahasiswa yang kebingungan mencari referensi buat makalah atau karya ilmiah,” kata Salim.

Namun mulai pekan depan, pelayanan perpustakaan akan kembali normal sebagaimana sebelumnya, yaitu pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Dan hari Sabtu, mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.30 WIB. [] (Ish/Far)