Mahasiswa KPI Siap Terjun di Media Massa Nasional

Paris.ID, KAMPUS- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) diyakini mampu menjadi bagian media massa nasional. Hal itu menjadi keyakinan seluruh peserta Musyawarah Wilayah (Muswil) Forkomnas wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Muswil Forkomnas tersebut kali ini dilaksanakan di STAIN Kudus, (19-22/1017). Muswil itu merupakan agenda untuk ke lima kalinya, setelah sebelumnya dilaksanakan di UNISNU Jepara. Dalam acara itu, dilaksanakan juga seminar perfilm-an dan pemilihan ketua baru untuk wilayah Jateng dan DIY.

Bertempat di Aula Rektorat Lantai tiga, Muswil itu dihadiri oleh sejumlah mahasiswa perwakilan Jurusan KPI dari berbagai kampus Islam se Jateng-DIY.  

Abdul Muis, salah satu panitia Muswil mengatakan, dengan dilaksanakannya Muswil di STAIN Kudus, keuntungan yang dapat diperoleh adalah mereka bisa memperkenalkan secara khusus kompetensi yang dimiliki Prodi KPI dan kampus secara umum. “Saya sangat bangga bisa mempromosikan KPI kepada khalayak luas,” katanya.

Sementara itu, Ibnu Yahya, selaku Pimpinan Pusat Forkomnas KPI mengatakan, sudah banyak lulusan Prodi KPI yang terjun di stasiun Televisi nasional. Hal itu menjadi bukti kalau mahasiswa KPI tidak kalah dengan mahasiswa komunikasi penyiaran kampus umum. “Kita harus mempertahankan prestasi itu, juga tingkatkan daya kompetisi,” ujarnya saat memberi sambutan dalam pembukaan Muswil.

Masturin, Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi, menuturkan, Muswil Forkomnas itu merupakan salah satu prestasi tersendiri bagi mahasiswa KPI STAIN Kudus. Pasalnya, Prodi KPI tergolong Prodi baru yang sudah mampu mengadakan acara lintas regional. Menurutnya, Muswil itu menjadi sangat penting untuk Jurusan Dakwah dan Komunikasi sebagai ajang pembuktian daya kompetisi yang cukup mumpuni. 

Di sisi lain, Abdurrahman Kasdi selaku Wakil Ketua Tiga STAIN, menuturkan, KPI merupakan salah satu prodi baru yang langsung mendapatkan akreditasi nilai B. Hal tersebut menjadi sebuah harapan agar bisa memegang peranan dalam berbagai acara di STAIN Kudus.

“Saya berharap mahasiswa KPI mampu bersaing di tengah-tengah media massa yang semakin luar biasa pengaruhnya kepada masyarakat. Selain itu, mahasiswa KPI juga dapat  meng-handle berbagai even besar di STAIN Kudus, seperti meliput secara langsung dan melakukan publikasi. bukan hanya dalam acara ini saja,” harapnya. (Firda/Latifah/FMH)