Terbentuk, Empat Divisi Bidikmisi Adakan Diklat

KAMPUS, PARIST.ID – Empat divisi Ma’had al-Jami’ah STAIN Kudus melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk bersiap menjadi tutor bagi mahasiswa baru. Ditujukan kepada mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 diklat tersebut diikuti oleh Divisi Bahasa Arab, Divisi bahasa inggris, Divisi al-Qur’an dan Divisi kitab kuning.
 
Para peserta Diklat Mahasiswa bidikmisi mendengarkan paparan dari panitia. Tubagus
Sebagaimana terjadwal, kegiatan tersebut berlangsung mulai Kamis - Ahad, 23 - 26  November 2017 di Gedung R Kampus Timur STAIN Kudus.

Direktur Ma’had al-Jami’ah, Makmun Mukmin, mengatakan diklat mahasiswa bidikmisi ini bertujuan untuk mencetak tutor-tutor yang handal dan professional sesuai masing-masing bidang. 

"Mereka akan dilatih dan praktek langsung apa yang dipelajari sesuai dengan divisinya masing-masing. Harapannya agar mereka bisa menyalurkan ilmunya kepada mahasiswa bidikmisi yang baru,” ungkap Ma’mun.

Zaenal Muttaqien, selaku ketua panitia menjelaskan adanya empat devisi tersebut karena mengacu pada kebutuhan zaman sekarang dan menyesuaikan kegiatan bidikmisi. Divisi al-Qur’an dengan tujuan agar umat Islam bisa membaca al-Qur’an dengan benar. Divisi kitab kuning bertujuan bahwa ilmu itu tidak hanya bisa kita dapatkan dari al-Qur’an tetapi kita juga perlu mencari ilmu dari kitab kuning. Selanjutnya Divisi Bahasa Arab dan Inggris bertujuan membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing dengan lancar.

“Terutama Bahasa Inggris agar kita tidak ketinggalan zaman," tambah Zaenal.
       
Sementara itu, salah satu peserta Diklat, Ainun Najib, sangat senang dan antusias mengikuti Diklat mahasiswa bidikmisi. Menurutnya divisi yang ada terutama Divisi al-Qur’an sangat sesuai dengan kebutuhannya. Ia merasa masih kurang dalam mempelajari al-Qur’an dan membacanya dengan benar.


(Tubagus/Salim)