Pesan "Nindya" untuk Perempuan



Kudus, Parist.ID- Pertunjukan Monolog “Nindya” oleh Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) Rabu malam (29/11/2017), memuat pesan positif. Sosok “Nindya” dinilai romantis dan lemah lembut. Karakternya mampu mengekspresikan dinamika perasaan perempuan. Baik untuk perempuan yang sedang menjalani suasana percintaan maupun sedang berkelana mencari tambatan hati. 
Anika Novianti dalam salah satu potret monolog "Senja Nindya", di Auditorium UMK, Rabu (29/11/17).
Nindya adalah monolog yang indah sekaligus inspiratif penuh makna. Sosoknya seakan berpesan agar kita tidak terlalu mudah melakukan klaim atas suatu percintaan, misalnya dengan mengatakan bahwa cinta yang ini baik dan cinta yang itu buruk. Karena menurut Nindya, cinta adalah kebersamaan, baik dan buruknya itu tergantung yang menjalani.

Anika Nofiyanti, Aktris monolog malam itu, mengaku pesan dari sosok Nindya sangatlah kompleks terjadi pada perempuan. Salah satunya adalah tentang kedewasaan. Sebagai perempuan jangan terlalu egois dalam menempatkan diri.

“Jangan menyia-nyiakan orang yang sebenarnya kita sayangi, cuma karena hal kecil kita meninggalkannya,” imbuh Mahasiswi STAIN Kudus
itu kepada PARIST.ID via WhatsApp.

Pertunjukan Monolog “Nindya” adalah adopsi dari cerpen Senja Nindya karya Yudhi MS, salah satu sastrawan Kudus
yang juga pendiri FASBuK. Senja Nindya dipilih dan dimonologkan sebagai bentuk apresiasi kepada Yudhi MS agar tetap dikenang meski sudah berpulang.
Diskusi pasca pentas monolog Senja Nindya
Arfin A. Maulana, Ketua FASBuK, menyatakan bahwa pementasan monolog ini sebagai bentuk penghormatan FASBuK kepada karya almarhum Yudhi MS agar tetap bisa dieksplorasi oleh seniman muda Kudus.

“Sebenarnya ada lima judul cerpen yang masuk ke
kami, setelah kita diskusikan akhirnya memutuskan cerpen Senja Nindya yang diangkat menjadi monolog,” jelasnya.

Jika dibandingkan dengan acara FASBuK di bulan-bulan
sebelumnya, acara malam itu cukup spesial karena berbeda dari biasanya. Ditengah-tengah acara, FASBuK menggelar lomba foto selama pementasan berlangsung. Kemudian para pemenang lomba foto akan diumumkan saat diskusi setelah pementasan.(ilmail/amd)