Rangkul Pelajar Melalui Lomba Cipta Puisi

PARIST.ID, KUDUS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Sathoesh STAIN Kudus menggelar Tebar Bahasa yang ke-4 bertajuk “Mantra Suci dalam Lingkaran” di Gedung Olahraga (GOR) STAIN Kudus pada rabu (21/03/18). 

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini difokuskan pada puisi, baik musikalisasi puisi maupun drama puisi. Selain itu kegiatan ini juga sebagai peringatan Hari Puisi Nasional dan lomba cipta puisi untuk para pelajar se-Kabupaten Kudus. 
Alfina, ketua panitia kegiatan tersebut mengatakan, acara Tebar Bahasa ini bertujuan menggaet sekolahan se-Kabupaten Kudus untuk berpartisipasi dalam lomba cipta puisi. “Acara ini bertujuan untuk merangkul semua siswa untuk berpuisi, selain hari ini adalah hari puisi sedunia,” katanya. 

Selain siswa, tambahnya, penciptaan puisi juga diumumkan bagi semua mahasiswa yang ingin berpartisipasi. “Puisi-puisi itu nantinya kita kumpulkan, tidak mungkin kan karya orang kita buang-buang seenaknya,” lanjutnya. 

Sementara itu, Abdurrahman, pencetus kegiatan Tebar Bahasa menjelaskan, kegiatan ini dilahirkan oleh para sastrawan Teater Sathoes. “Tebar Bahasa merupakan suatu gebyar sastra yang biasa diperingati oleh warga teater Sathoes, yang dilahirkan oleh satrawan teater Sathoes salah satunya Ken Arok pada tanggal 01 Mei 2015,” pungkasnya. 

Kegiatan lomba cipta puisi tersebut dimenangkan oleh MAN 01 Kudus sebagai juara satu, kemudian juara dua dari MA Qudsiyyah, dan juara tiga dari MA NU Mu’alimat Kudus. (Laila/Waf)