Jurnalis Harus Paham Medan Liputan



WWW. PARIST. ID,KUDUS - Sebagai  jurnalis seseorang harus memetakan isu sekaligus mengetahui peta geografis area liputan. Selain itu, juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan jeli dengan ucapan narasumber.

"Baik wartawan pemula maupun senior harus melakukan pengamatan langsung di lapangan. Tema, angle dan isu yang diangkat pun sebisa mungkin menarik," kata Femi Noviyanti, wartawan radar Kudus pada acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), di Balai Budaya Rejosari Kudus, Jum'at (23/3/2018).

Ia menambahkan, seorang wartawan tidak boleh spekulatif dalam membuat berita. Maksudnya wartawan harus didasarkan riset yang mendalam dan sesuai fakta. Tulisan juga harus dibuat secara rinci.

"Kita juga perlu melakukan pendekatan narasumber. Dulu saya pernah meliput turis dan itu memerlukan waktu empat hari. Karna tidak semua turis itu terbuka kepada kita," jelasnya

Sementara itu, Fandi, salah satu peserta PJTD mengaku pernah terlibat dalam liputan kampus tentang isu pemilihan umum mahasiswa.

"Saya dulu pernah meliput tentang partai-partai kampus yang dianggap didiskriminasi," katanya. (Falis)