2.200 Pelajar Ikuti UM-PTKIN di IAIN Kudus



KAMPUS, PARIST.ID- Sebanyak 2.200 calon mahasiswa baru (maba) padati IAIN Kudus guna mengikuti Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun akademik 2018-2019, Selasa (22/5/2018) pagi tadi.


Supaat, Ketua Panitia Pelaksana ujian, mengatakan, dibanding tahun-tahun sebelumnya, peserta tahun ini merupakan peserta terbanyak. Peningkatan itu dilatarbelakangi beralihnya status dari STAIN menjadi IAIN.

"Tahun ini drastis peningkatannya, dua kali lipatnya tahun lalu. Bahkan bisa dibilang melebihi kapasitas kalau dilihat dari segi penyelenggara tingkat lokal," ujarnya.


Dari 2.200 yang mengikuti ujian, lanjut Supaat, sebanyak 1.200 peserta yang menjadikan IAIN Kudus sebagai pilihan utama dan selebihnya memilih kampus lain. Nantinya, hanya 30% saja yang bisa lolos untuk mengisi kuota nasional.


Muhammad Fairuzzy, peserta ujian asal Madrasah Aliyah Matholiul Falah (Mathole') Kajen mengaku cukup kesulitan saat mengerjakan soal-soal. Sebab sebelumnya dia belum pernah menemui soal-soal semacam itu.


Lain halnya dengan Fairuzzy, Rizqi Lailatul Maulida, peserta asal MA Miftahul Huda Tayu Kabupaten Pati, dia merasa sangat mudah dalam mengerjakan setiap soal yang diujikan. Alasannya, soal-soal tersebut tidak jauh berbeda dengan soal-soal ujian nasional atau ujian madrasah.


"Terutama yang soal agama-agama, itu sangat mudah bagi saya. Karena saya dari Aliyah, jadi tidak terlalu kaget dengan soal-soal itu. Alhamdulillah lancar semuanya," terangnya. (Risa/qih)