Hari Santri, KKN IAIN Kudus Gelar Lomba Antar TPQ

PARIST.ID, KUDUS – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko delapan dan sembilan Jurusan Ushuluddin IAIN Kudus mengelar Gebyar Hari Santri Nasional yang diikuti seluruh lembaga TPQ Desa Gondoharum Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus pada minggu (28 /10/2018). 

Kegiatan yang melibatkan tujuh Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) tersebut berhasil membuat para peserta antusias untuk mengikutinya. Dalam kegiatan tersebut diisi dengan perlombaan Cerdas Cermat, Adzan dan, Tartil Al-Qur'an sesuai dengan kompetensi dari peserta TPQ di Desa Gondoharum. 
PEMENANG: Para Pemenang Lomba Antar TPQ Se-Desa Gondoharum
Pada kesempatan tersebut, masing-masing lembaga TPQ Desa Gondoharum mengirimkan lima peserta untuk mengikuti perlombaan. Di antara TPQ tersebut ialah, TPQ Al-huda Tampung, TPQ Salafiyyah Safi’iyyah Tompe, TPQ Al-anwar Jajar, TPQ Sabilul Huda Tompe, TPQ An-Nur Plambungan, TPQ Miftahul Ulum Tlogo, dan TPQ Nurul Khusna Kaliwuluh. 

Siradj Jumilal, salah satu peserta lomba adzan mengaku sangat senang dengan adanya lomba yang diadakan mahasiswa-mahasiswi KKN IAIN Kudus tersebut. “Senang bisa mengikuti lomba ini, dan saya optimis bisa menang. Selain itu juga bisa punya teman baru,” katanya. 

Sementara itu, Masfiatun salah satu Juri dalam kegiatan tersebut mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Hari Santri yang diadakan oleh tim KKN IAIN Kudus. “Saya salut dengan adanya kegiatan ini, karena siswa-siswi TPQ dari beberapa Dukuh Desa Gondoharum dapat berkenalan satu sama lain. selain itu, melalui kegiatan ini mereka dapat menyalurkan potensi bakat yang dimiliki,” katanya. 

Khusni Mubarok selaku ketua panitia kegiatan tersebut mengaku senang dengan antusiasme peserta lomba. Meskipun pihaknya mengaku persiapannya sangat singkat. “Kegiatan ini mendapat respon positif dari semua lembaga TPQ yang telah mengikuti dan berpartisipasi memeriahkan Gebyar Hari Santri walaupun dengan persiapan yang singkat dan kurang matang,” terangnya. 

Lebih lanjut Khusni menerangkan, kegiatan tersebut juga dibantu oleh organisasi keagamaan dan kemasyarakat yang ada di Desa setempat. “Organisasi masyarakat seperti Ansor, Banser dan IPNU IPPNU Desa Gondoharum turut mendukung berjalannya kegiatan Gebyar Hari Santri Nasional yang diadakan oleh tim KKN posko 8 dan 9 IAIN Kudus. Bentuk dukungan ini salah satunya berupa keamanan,” pungkasnya. (Ifa/Waf)