Best Viral Premium Blogger Templates

Penemuan Makam Waliyullah Gemparkan Desa Babalan

parist  id
Senin, September 20, 2021 | 10:20 WIB

dok. KKN-IK IAIN Kudus Desa Babalan Kec. Wedung Kab. Demak

 
 

Penemuan makam waliyullah yang dahulunya dianggap sebagai seorang komandan angkatan laut Kesultanan Demak di bawah pimpinan Sultan Trenggono membuat warga sekitar penasaran dengan proses penemuan yang melibatkan para alim, kyai serta pemimpin desa setempat. Dahulu Desa Babalan masih berupa hutan yang juga dijadikan tempat sembunyi pada masa penjajahan, kisah selanjutnya dari sang waliyullah yang mencari tempat singgah jauh dari kerajaan panjang, dan beliau mendapati tempat pesisir utara pulau Jawa untuk dijadikan tempat persinggahan yang sekarang dinamakan Desa Babalan yang tepatnya berada di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak serta melahirkan keturunan sampai sekarang. Beliau adalah seorang waliyullah yang bernama Sayid Ibrahim Al-Husaini, penemuan makam ini dilakukan untuk mengusut asal usul Desa Babalan yang sudah lama tidak diketahui karena banyaknya sumber serta sejarah yang ada. Namun, melalui tirakat dan juga usaha dari para pemimpin serta kyai dan alim setempat akhirnya mendapatkan petunjuk, dan secara resmi makam dari waliyullah ditetapkan oleh pihak Desa yang bertepatan pada hari Jum’at, 10/09/2021.

Dengan ditemukannya makam Sayid Ibrahim Al-Husaini yang ditetapkan sebagai penemu Desa Babalan diharapkan memberikan keberkahan dan perubahan lebih baik kedepannya.  Peletakan batu nisan pertama dihadiri oleh para alim, kyai, pemimpin desa, masyarakat sekitar dan juga beberapa mahasiswa IAIN Kudus yang sedang melaksanakan KKN-IK di Desa Babalan tersebut. dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan ataupun membawa handsanitizer. Para kyai secara berjajar memberikan do’a untuk prosesi peletakan batu nisan pertama, dan dilanjut dengan memberikan tanda lainnya seperti gundukan tanah, nisan, dan kain putih yang diikatkan dinisan sebagai simbolis. Tidak banyak yang tahu persis sejarah dari Desa Babalan sendiri dan dengan adanya ini menjadi titik terang awal dari sejarah yang ada.

dok. KKN-IK IAIN Kudus Desa Babalan Kec. Wedung Kab. Demak


Penemuan ini bisa memberikan gambaran bahwa Desa Babalan merupakan desa yang agamis dengan nilai islam yang dipadukan dengan budaya lokalnya yang khas, mengingat daerah pesisir yang satu ini banyak ditempati oleh masyarakat yang secara keseluruhan beragama Islam. Banyak dari masyarakat yang memberikan pendidikan agama kepada anak – anak mereka, mulai dari madrasah dinniyah, ataupun dititipkan ke pondok pesantren dan menjadi santri diwilayah kabupaten lain maupun wilayah Demak sendiri. Banyak juga yang menimba ilmu di perguruan tinggi maupun setingkat SLTA, masyarakat mulai terbuka dan juga memahami jika agama, pendidikan dan sejarah itu tiga hal yang tidak bisa dipisahkan. Ketika orang beragama namun tidak berpendidikan maka tidak akan seimbang, begitupun ketika orang tidak memahami agama maupun tidak memahami pendidikan maka sejarah juga tidak akan terbentuk.

(KKN-IK IAIN Kudus Desa Babalan Kec. Wedung Kab. Demak)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penemuan Makam Waliyullah Gemparkan Desa Babalan

Trending Now