ITHLA’ DPW III Adakan Kemah KBA


KAMPUS -  Ittihaduth Tholabah Lil’Arabiyyah (ITHLA’) DPW III menggelar kegiatan Kemah Bahasa Arab (KBA) se-Jateng dan DIY dengan tema “Aktualisasi Bahasa Arab di Era Digital”. Kegiatan ini diikuti oleh 170 mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa Arab dari 14 kampus se-Jateng dan DIY. Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah K.H. Taj Yasin Maimun, Plt. Bupati Kudus M. Hartopo serta Rektor IAIN Kudus Mundzakir, Kamis (19/09/2019).

Wakil Gubernur Jawa tengah KH. Taj, Yasin Maimun  mengatakan Indonesia memerlukan wadah untuk membumikan bahasa Arab. Itu sebabnya mahasiswa lulusan Program Studi bahasa Arab.harus mampu menguasai lapangan agar kompetensi yang dimilkinya bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Di Indonesia memang perlu wadah bagi lulusan Prodi Bahasa Arab untuk benar-benar membumikan bahasa Arab. Sekaligus mengentaskan kemiskinan dan pengangguran sesuai dengan arahnya,” kata Yasin.

Yasin juga berpesan dalam mengembangkan bahasa Arab harus menyelaraskan dengan bahasa daerah terlebih dahulu. Perkembangan bahasa juga harus diikuti dengan karya ilmiah yang memakai khot tulisan bahasa Arab.

“Kalau ingin mengembangkan bahasa Arab harus menyelaraskan dengan bahasa daerah dahulu, sesuai dengan nahwu shorofnya.” Tambahnya.

Ia berharap mahasiswa Prodi Bahasa Arab agar lebih inovatif dalam mengembangkan bahasa Arab sehingga menjadi inspirasi bagi mereka yang belum bisa berbahasa Arab.

“Tugas Mahasiswa Bahasa Arab adalah terus berinovasi dalam mengembangkan olah bahasanya, sehingga menjadi inspirasi bagi temannya yang belum bisa berbahasa Arab,” jelasnya.

Selain itu, Ketua ITHLA’ DPW III, M. Fikri Ghifari mengatakan bahwa acara ini merupakan wadah untuk memperluas tali silaturahim bagi seluruh mahasiswa bahasa Arab se-Jateng dan DIY.

“Di sini kita bisa memperluas jejaring sosial antar mahasiswa bahasa Arab, mengembangkan kemampuan berbahasa, dan bisa saling memberi informasi apapun megenai bahasa Arab,” jelasnya.

Sedangkan Rektor IAIN Kudus, Mundzakir mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada keluarga ITHLA’ se-Jateng dan DIY, dan berharap acara-acara seperti ini mampu mempertajam kompetensi yang keberadaanya semakin dibutuhkan.

“Terima kasih dan selamat datang kepada keluarga ITHLA’ se-Jateng dan DIY, semoga untuk hari ini dan seterusnya mampu mendukung dan mempertajam kompetensi yang semakin hari dibutuhkan keberadaanya,” katanya. (Hasyim)