Perdana, HMPS PGMI Adakan Lomba Bercerita

KAMPUS, PARIST.ID- Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Kudus pertama kali mengadakan lomba bercerita tingkat MI se-Kabupaten Kudus dan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat mahasiswa IAIN Kudus dalam kegiatan Gebyar Kreativitas Seni Tari dan Musik Jilid 4.

Hal tersebut disampaikan Kaprodi PGMI, Mufatihatut Taubah, dalam sambutannya pada pembukaan lomba bercerita dan musabaqoh tilawatil quran yang berlangsung di gedung SBSN lantai 1, Senin, (24/02/2020). 

"Adanya lomba sebagai ajang silaturahmi mahasiswa PGMI dengan lembaga Madrasah Ibtidaiyah terjalin dengan kuat," katanya.

Tidak hanya sekadar lomba biasa, lanjut Mufa,  lomba bercerita bisa mengasah IQ, SQ dan EQ para peserta.

"Kita memilih lomba bercerita karena bercerita bisa menggali kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual," ujarnya.

Mufa, berpesan, siswa MI harus mulai diajari, berimajinasi, menguasai panggung ketika bercerita.

“Mereka adalah generasi awal yang apabila kemampuannya diasah dengan baik akan mudah meningkatnya, pesan Mufa.

Sementara itu, salah satu juri, Kholidia Evening Mutiara, mengapresiasi seluruh penampilan peserta lomba bercerita. Terlihat persiapan yang matang dalam segi properti, make up, dan isi dongeng.

"Sangat bangga sekali karena saya belum tentu bisa bercerita seperti mereka. Dalam bercerita harus memahami bahasa penjiwaan, kekuatan mental, dan properti yang benar-benar sebagai pendukung bercerita, "jelasnya.

Salah satu peserta lomba bercerita, Rida Maharani, mengaku senang bisa bercerita membawakan cerita Pejuang 1945.

"Senang sekali bisa ikut lomba bercerita dan tampil dengan maksimal meski latihannya hanya empat hari,"katanya. (Nonik/Um)