Via Google Meet, HMPS Tadris Matematika Gelar HBH Virtual


PARIST.ID- Himpunan Program Studi (Hmps) Tadris Matematika IAIN Kudus menggelar kegiatan Halal bi Halal (HBH) dan Bincang-bincang matematika (BBM) secara virtual melalui google meet room, Minggu (21/06). Mengambil tema  "Merajut Tali Silaturrahim dan Menumbuhkan Semangat Produktif Mahasiswa Matematika di Era New Normal” diharapkan dapat menjaga kebersamaan dan meningkatkan tali silaturrahmi antara mahasiswa dan dosen tadris matematika. 

Dalam halal bi halal virtual juga dilakukan bincang-bincang matematika sebagai momen untuk dapat saling sharing dan ngobrol santai mengenai perkuliahan selama daring. 

Kepala Program Studi Tadris Matematika, Arghob Khofya Haqiqi, dalam sambutannya, meminta maaf lahir dan batin. Ia juga membahas terkait program studi Tadris Matematika baik dari akreditasi, prestasi, dan lain-lain. Tak hanya itu, ia memberikan motivasi semangat kepada mahasiswa tadris matematika. 

“Alhamdulillah prestasi dan juara-juara dari mahasiswa Tadris Matematika semakin bertambah. Semoga ini bisa membantu dalam akreditasi prodi kita," ucapnya. 

Sementara itu, Dosen IAIN Kudus, Ismanto, dalam even tersebut menyampaikan langkah-langkah agar pembelajaran selama daring ini dapat efektif.  Misalnya dengan cara mahasiswa harus beradaptasi dengan kondisi sekarang, membuat skala prioritas mana yang perlu didahulukan, meningkatkan komunikasi dengan dosen bila ada materi yang kurang jelas.

"Kalian juga bisa cari komunitas yang baik dan kembali ke motivasi diri masing-masing," terangnya.

Bagi mahasiswa skripsi, lanjut Ismanto,  bisa merespon metodologi kekinian misalkan dengan metpen-virtual atau mencari dan meramu data sampai dengan analisis, jadi tidak hanya metpen-literatur. 

"Bisa melakukan wawancara online misalnya melalui google meets room, zoom, dan lain-lain, asal dengan data dokumen dari sumber terpercaya," tambah Ismanto.

Diakhir halal bi halal dan bincang-bincang matematika, masing-masing dosen memberikan pesan dan kesan kepada mahasiswa. Termasuk salah satu dosen IAIN Kudus, Nanang Nabhar Fakhri Auliya yang berpesan  agar mahasiswa tetap semangat dan tetap menjaga kesehatan. 

"Jangan hanya mendapat materi dari dosen saja, melainkan cari referensi dari sumber-sumber lain untuk lebih memahamkan kalian," pesannya. (Vina)