Opening PBAK Dibuka Plt Bupati Kudus dengan Pukul Gong

 
KAMPUS, PARIST.ID- Pemukulan gong oleh Plt Bupati Kudus, M Hartopo menjadi simbolis dibukanya Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Kudus pada Sabtu, (05/09) kemarin. PBAK yang akan diselenggarakan selama Sabtu-Senin (05-07/09) secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Dalam sambutanya, Plt Bupati Kudus, M Hartopo, menyayangkan, ribuan mahasiswa baru memulai masa perkuliahan di tengah-tengah pandemi covid-19. Meski demikian, Rektor dan semua jajaran bisa diusahakan agar mahasiswa baru melewati masa perkuliahan tidak lewat virtual saja.  “Boleh diadakan temu muka pada kuliah umum tapi tentu dengan dislipin protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia juga memotivasi mahasiswa baru agar jika menginginkan kesuksesan di bangku kuliah, jangan hanya mengandalkan belajar saja,  tapi harus berkreasi dan berinovasi ditambah dengan hormat dan patuh kepada orang tua. 

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IAIN Kudus, Mundakir, mengatakan, ada sekitar 3000 mahasiswa baru yang terdaftar, adapun jika ditotal dengan mahasiswa yang lama berjumlah 17 ribu. “Satu sisi membanggakan dan sisi lain merupakan tanggung jawab yang amat berat dalam proses pendidikan,” katanya.

Adapun jumlah mahasiswa, lanjut Mundakir, tahun ini agak sedikit menurun secara jumlah namun, secara nasional jumlahnya masih sangat tinggi. Meskipun begitu ada berkah lain adanya pandemi korona ini. Bahwa PTKIN sering dipandang sebagai perguruan tinggi yang kurang melek teknologi, tapi PMB PTKIN bisa mendapat rekor muri. “Pada faktanya kita bisa menyeimbangkan dengan perguruan tinggi lain,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Ihsan, menyampaikan, PBAK tahun ini menjadi luar biasa dan berbeda karena dilaksanakan secara daring. Dengan panitia yang berjumlah 170 mahasiswa dari DEMA SEMA, Fakultas dan UKM ada hal baru, teknik  baru, dan suasana baru yang harus disikapi bersama.  “Sebab dijalankan serba virtual masih ada beberapa mahasiswa yang running, belum mendaftar tapi tetap kita bagikan link PBAK,” ungkapnya. 

Ia juga menjelaskan, PBAK akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, yakni hari ini pembukaan dan dilanjutkan materi ke IAIN-nan yang akan disampaikan Rektor IAIN Kudus. Selanjutnya, PBAK hari kedua akan disajikan materi ke-fakultas-an dan hari ketiga akan digelar pula malam inagurasi. 

“Walaupun PBAK dilaksanakan secara daring, tentu teman-teman ingin berekspresi di malam inagurasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya. (Umi/Kholil)