Iklan

Belajar Mengelola Stres dengan Psikoterapi Ghazalian

parist  id
Sabtu, Januari 09, 2021 | 07:41 WIB
Foto: Dok. Pribadi/ISTIMEWA



Kampus, Parist.id - Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi menyelenggarakan pelatihan vokasi bertajuk Hudurul Qolb Practitioner (Psikoterapi Ghazalian). Diikuti oleh dosen dan perwakilan mahasiswa prodi Tasawuf dan Psikoterapi, pelatihan ini berlangsung di Gedung Perpustakaan IAIN Kudus Lantai 4, Jum’at (08/01).

Menghadirkan perintis Psikologi Ghazalian selaku narasumber, dengan cakap Ricky Firmansyah memaparkan bagaimana proses Psikoterapi Ghazalian pada masalah stres. Ricky menyampaikan bahwa Psikoterapi Ghazalian merupakan psikoterapi dalam perpektif islam yang mempunyai tiga aspek tindakan, yakni pemikiran, perilaku dan lisan.

“Salah satu tindakan lisan dalam Psikoterapi Ghazalian adalah dzikir. Melalui berdzikir kita bisa mengendalikan stres dengan mengatur detak jantung menjadi lebih stabil,” jelasnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Ricky, Dosen Tasawuf dan Psikoterapi Meta Malihatul Maslahat menyatakan saat ini negara barat sudah banyak melakukan improvisasi dalam teknik terapi. Hal ini berbeda dengan psikoterapi ghazalian yang memiliki sentuhan ajaran Islam, sehingga teknik ini tidak hanya sebagai obat tetapi juga sebagai sarana beribadah.

“Sehingga diharapkan kita memiliki hubungan lebih dekat dengan Allah,” tuturnya.

Sementara itu, Slamet, mahasiswa prodi Tasawuf dan Psikoterapi mengaku baru pertama kali mempelajari psikoterapi ghazalian. Slamet tertarik karena mendapat pengetahuan bagaimana cara mengelola diri untuk menghadapi masalah.

“Ternyata ilmu yang dikembangkan Al-Ghazali bukan hanya Ilmu Tasawuf, tetapi ilmu psikoterapi juga” ungkapnya. (Zakiya/Muna)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belajar Mengelola Stres dengan Psikoterapi Ghazalian

Trending Now

Iklan