Best Viral Premium Blogger Templates

Ajak Berbisnis Sejak Muda, HMPS Tadris IPA Selenggarakan Webinar Kewirausahaan

parist  id
Jumat, Agustus 27, 2021 | 20:47 WIB
Screenshoot pemaparan materi oleh Owner Javas Indonesia, Mobinta Kusuma pada seminar kewirausahaan yang diselenggarakan HMPS Tadris IPA IAIN Kudus, Kamis (26/08).


KAMPUS, parist.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) IAIN Kudus menggelar Webinar Kewirausahaan. Acara bertema “Start Your Journey to be Creative and Innovative Millenial Entrepeneur in 4.0 Era” ini diikuti oleh 82 partisipan, berlangsung melalui Zoom Meeting dan Streaming Youtube, Kamis (26/08).

Dipandu oleh Mahasiswi  Tadris IPA IAIN Kudus, Hani Hiqmatunnisa, webinar mengundang pemateri tunggal, Mobinta Kusuma. Penggerak UMKM sekaligus Owner Javas Indonesia itu menyampaikan agar generasi millenial harus mengubah pemikiran tentang kewirausahaan selama ini.

“Jualan dan wirausaha mempunyai arti yang berbeda. Wirausaha selalu berpikir tumbuh dan aset yang berkembang,” jelas Mobinta.

Dosen  Pendidikan IPA Universitas Pancasakti Tegal tersebut juga membagikan beberapa tips dalam berbisnis dan berwirausaha. Tiga tips yang dimaksud diantaranya berpikir kritis, fokus problem dan mencari solusi, terakhir mencari item dan ide baru untuk mengembangkan produk.

“Zaman sekarang, harus mampu melihat lapangan sekitar. Kunci sukses dalam berwirausaha adalah mempunyai mindset yang benar,” terangnya.

Maksudnya, tambah Mobinta, sebagai wirausahawan, harus memotivasi diri sendiri untuk mencapai tujuan, mau belajar, dan selalu mempraktekkan apa yang dipelajari.

“Bahkan kita juga butuh mentor yang bisa membimbing kita dalam berbisnis,” tambahnya.

Setiap usaha, harus mempunyai visi dan misi yang menjadi keunggulan, sasaran, dan tim inti untuk berbagi pengalaman. Keunggulan ini, lanjutnya, bisa menjadi trik agar produk sulit ditiru orang lain.

“Dalam hal ini, ialah bagaimana cara kita untuk memproduksi, mengemas, dan proses barang sampai ke tangan konsumen,” tandasnya.

Terakhir, Mobinta berpesan kepada para peserta agar tetap fokus dan konsisten dalam usaha. Selain itu, ia juga menyarankan agar selalu meminta restu kepada orang tua dan berdoa kepada Allah Swt.

 “Kesulitan adalah peluang untuk meraih sukses. Memulai usaha tidaklah harus dari nol, tetapi yang terpenting adalah harus berani memulai, mempraktekkan,  lalu menjalankan,” pungkasnya. (Azh/Izz)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ajak Berbisnis Sejak Muda, HMPS Tadris IPA Selenggarakan Webinar Kewirausahaan

Trending Now