Best Viral Premium Blogger Templates

Perkuat Literasi Agama, KKN-IK IAIN Kudus Berpartisipasi Ikut Sedekah Bumi dan Doa Bersama

parist  id
Kamis, September 23, 2021 | 06:42 WIB
MELINGKAR: Warga Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak melaksanakan sedekah bumi dengan duduk melingkar sembari memanjatkan doa, Selasa (21/09).
Foto: dok. KKN IK IAIN Kudus Desa Bungo


DEMAK, parist.id - Kegiatan sedekah bumi dan doa bersama tingkat dusun yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak berlangsung khidmah pada Selasa (21/09/21).

Kegiatan yang berlokasi di rumah Kepala Desa Bungo, Slamet ini diadakan satu kali dalam satu tahun dan dilaksanakan di bulan Shafar. 

Slamet, selaku kepala Desa Bungo menyatakan bahwa kegiatan ini bermaksud mengajak warga untuk berdoa bersama, agar warga Dusun Bungo selalu diberi keberkahan atas hasil bumi dan laut.

"Semoga diberi keberkahan buminya, sawahnya, airnya, lautnya, dan memberikan manfaat bagi kita," harapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai rasa syukur warga Dusun Bungo atas hasil bumi yang mereka dapatkan dan berdoa agar terhindar dari penyakit dan wabah.

"Sebagai rasa syukur kita terhadap apa yang telah diberikan Allah kepada kita semua, semoga kita terlindungi dari wabah corona ini," jelasnya.

Kegiatan yang berisikan pembacaan manaqib dan tahlil ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, seperti RT RW, ta'mir masjid dan mushola, PKK, Posyandu, serta mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus.

Abdurrohim, salah satu ketua RW di Dusun Bungo juga berharap dengan adanya sedekah bumi ini Bungo dapat terhindar dari wabah covid-19, dan warga selalu diberikan ketentraman dan keberkahan.

"Semoga lantaran acara ini Bungo segera bebas dari wabah covid-19, dan kembali hidup dengan tentram dan berkah," harapnya.

Zaky Fuad, sebagai mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus mengaku senang bisa berpartisipasi dalam acara sedekah bumi dan doa bersama ini.

"Senang bisa ikut acara ini, bisa menambah penguatan literasi keagamaan maupun kebudayaan bagi kami," ujarnya. (Azk)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkuat Literasi Agama, KKN-IK IAIN Kudus Berpartisipasi Ikut Sedekah Bumi dan Doa Bersama

Trending Now