Best Viral Premium Blogger Templates

Pembukaan Desa Binaan GenBI IAIN Kudus, Sebagai Bentuk Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat

parist  id
Minggu, Februari 06, 2022 | 08:11 WIB

 

Foto bersama anggota GenBI IAIN Kudus dengan perangkat desa Margorejo dalam pembukaan bina desa, Sabtu (05/02). (Foto : Rina/Paradigma) 

Kudus, parist.id - GenBI (Generasi Baru Indonesia) adakan pembukaan bina di Desa Margorejo mengusung tema "Sinergi Kolaborasi Untuk Negeri Bagi GenBI IAIN Kudus Bergerak Bersama Desa Margorejo Untuk Wujudkan Desa Berdaya dan Inovatif". Acara tersebut dihadiri oleh 87 peserta yang terdiri dari anggota GenBI, tamu undangan, dan perangkat desa Margorejo pada sabtu, 05/01/2022.

Dalam sambutannya, Najib Iqom El Hikam sebagai ketua GenBI IAIN Kudus mengatakan bahwa program kerja bina desa sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan keilmuan perguruan tinggi lewat pengabdian masyarakat. Adapun pengabdian tersebut dilakukan dengan banyak program-program yang akan dilaksanakan sampai bulan juli 2022 di desa Margorejo. 

"Untuk kegiatan bukan hanya satu tapi banyak hal karena sifatnya pengabdian kepada masyarakat. Seperti GenBI mengajar, GenBI budidaya jamur, Pengembangan ekonomi desa, dan masih banyak lagi," ungkapnya. 

Wakil rektor lll, Ihsan menyampaikan bahwa kegiatan Bina desa yang dilaksanakan merupakan bukti pergerakan mahasiswa tidak hanya pada bidang akademik tetapi juga non akademik. Selain itu, bertujuan agar mahasiswa mampu benar-benar berkiprah dan hadir di institut kampus dan masyarakat sekitar. 

"Memberikan satu bukti mahasiswa IAIN Kudus memiliki kepedulian dan prestasi yang bisa diandalkan di masyarakat," ucap Ihsan melalui video virtual.

Sementara itu Rektor IAIN Kudus, Mundakir mengatakan bahwa bina desa di Margorejo menjadi sebuah tantangan karena keberadaan desa tersebut yang telah maju. GenBI harus mampu membuat gerakan-gerakan dan kegiatan yang belum ada di Margorejo sebagai upaya pengembangan desa, hal tersebut dapat dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat dan potensi desa. 

"Saya berharap bina desa tidak berhenti di periode ini tapi berkesinambungan untuk kedepannya. Jadi mitra kampus yang sama-sama untung, desa untung dan kampus bisa memiliki mitra terhadap keilmuan yg dipelajari di kampus", paparnya. 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Desa Margorejo Sukirman memberikan apresiasi kepada GenBI terhadap program bina desa dalam membantu kemajuan desa. 

"Bagi Desa Margorejo ini adalah istimewa karena mendapat binaan desa. Saya ucapkan terimakasih kepada GenBI yang membantu desa Margorejo dapat menjadi lebih baik ke depannya," pungkasnya di akhir sambutan.

Reporter : Nada, Rina
Editor : Mirna
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembukaan Desa Binaan GenBI IAIN Kudus, Sebagai Bentuk Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat

Trending Now