Best Viral Premium Blogger Templates

Pra PJTD, LPM Paradigma Bekali Calon Anggota Baru Menjadi Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis

parist  id
Senin, Maret 07, 2022 | 12:12 WIB
Tangkapan layar kegiatan Pra Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) LPM Paradigma, Minggu (06/03/2022). (Foto: Vivi/Paragraph)

KUDUS, parist.id – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Paradigma IAIN Kudus mengadakan Pra Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) untuk memberikan bekal kepada calon anggota baru LPM Paradigma. Mengangkat tema “Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis” dalam pelatihan ini peserta dipaparkan cara menulis opini, esai dan sastra secara virtual melalui Zoom Meeting pada Minggu (06/03/2022).

Pembina LPM Paradigma IAIN Kudus, Wahibur Rohman mengungkapkan pentingnya mempelajari jurnalistik. Menurutnya setiap orang mampu menjadi seorang jurnalis dengan mengasah empat kemampuan yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual.

"Ilmu bukan hanya didapat dari kampus, dari kegiatan lain juga bisa, seperti belajar jurnalistik mampu melatih kecerdasan berfikir saat bergelut dengan problematika," jelasnya.

Sementara itu dalam materi pertama, Muhammad Khamdan menjelaskan opini dan esai yang memiliki ciri berbeda. Opini harus memiliki sikap berkepihakan untuk mendukung atau tidak setuju sedangkan esai mengandung solusi bagi problematika yang dijadikan pembahasan.

"Opini bertujuan beradu argumen untuk memunculkan keberpihakan, esai fokus topik tertentu dan informasi untuk menyelesaikan masalah," terang Khamdan.

Finawati, pemateri sastra mengatakan seseorang akan menjadi penulis ketika mereka mampu mengungkapkan perasaan dalam tulisan. Menulis bebas dilakukan namun tetap harus menguasai tema untuk mendapat judul yang sesuai dan menggunakan bahasa yang baik dan rapi.

"Menulis itu untuk mengasah otak, menambah asupan, manambah kecerdasan, jadi menulislah ketika galau," ujar Fina

Ia berharap materi yang disampaikan dalam kegiatan Pra PJTD ini mampu memberikan pengetahuan bagi calon anggota LPM Paradigma. Peserta diharap mampu menerapkan materi yang sudah diberikan ketika pelaksanaan PJTD yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

"Semoga dapat mengikuti kegiatan PJTD serta dapat mengaplikasikan materi yang sudah diberikan," harapnya.

Salah satu peserta, Nuzunun Nikmah mengungkapkan kegiatan ini dapat memberi kemanfaatan baginya terutama dalam hal menulis. Ia mengaku mulai mendapatkan gambaran bagaimana untuk memulai menulis. Selain menuangkan ide, menulis juga dapat mengungkapkan perasaan.

"Bisa menjadi bekal untuk kedepannya. Dan menulis ini cocok menjadi tempat bagi anak-anak yang introvert untuk mengungkapkan perasaannya," ungkap Nuzunun.

Reporter: Inna
Editor: Muna

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pra PJTD, LPM Paradigma Bekali Calon Anggota Baru Menjadi Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis

Trending Now